Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jateng Siapkan Desa Wisata

Kompas.com - 21/01/2013, 09:14 WIB

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus mempersiapkan desa wisata untuk menyambut wisatawan dengan berbagai sarana dan prasarana penunjang. "Dari 115 desa wisata, baru 35 persen yang siap menerima kunjungan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo di Semarang, Jumat (18/1/2013).

Ia mengatakan kesiapan desa wisata menyambut wisatawan tersebut di antaranya dilihat dari infrasruktur hingga sumber daya manusia (SDM). "Sebanyak 35 persen desa wisata se-Jateng dinyatakan siap karena sudah dilengkapi petunjuk arah, homestay, disiapkan andong keliling desa wisata, hingga tempat arung jeram," katanya.

Di Kelurahan Kandri, Kota Semarang saat ini sudah disiapkan lima homestay dan jumlahnya akan diperbanyak untuk kesiapan menyambut para wisatawan. "Di tepi waduk, juga ada beberapa toko yang nanti akan diperbaiki," katanya.

Prasetyo mengakui bahwa keberhasilan program Visit Jateng 2013 membutuhkan keterlibatan semua pihak. Apalagi banyaknya kegiatan justru sebagian besar berasal dari masyarakat termasuk pelaku wisata.

Ia menegaskan bahwa program tersebut merupakan awal untuk membangun pariwisata menjadi lebih baik dan dirinya bersyukur saat ini banyak sekali kegiatan yang muncul. "Banyak kegiatan swasta yang ingin dikaitkan dengan Visit Jateng 2013 dan kami sangat mendukungnya," katanya.

Terkait dengan desa wisata, Pemkot Semarang juga telah menetapkan tiga kelurahan sebagai desa wisata yakni Kelurahan Kandri, Nongkosawit, dan Wonolopo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com