Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kehidupan Unik Penduduk Raja Ampat

Kompas.com - 21/01/2013, 14:04 WIB

ALUNAN musik seruling tambur menggema di Kota Waisai, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Ribuan orang tumpah ruah di Pantai WTC (Waisai TerCinta), menyaksikan atraksi seruling tambur yang menandai dibukanya Festival Raja Ampat 2012 lalu.

Perjalanan Kamga, pembawa acara "Explore Indonesia" yang tayang di Kompas TV, di Raja Ampat, bertepatan dengan berlangsungnya festival. Festival tahunan ini juga dimeriahkan karnaval laut, yang diikuti perahu-perahu hias dan atraksi budaya di atas perahu dari setiap distrik.

Selain menikmati kemeriahan festival, Kamga mengunjungi dua kampung Teluk Mayalibith, yaitu Kampung Lopintol dan Warema. Kamga menemukan kehidupan unik penduduk di kedua kampung ini.

Panorama Wayag dilihat dari atas puncak kedua - Dok. Kompas TV
Panorama Wayag dilihat dari atas puncak kedua. (Foto: Dok. Kompas TV)

Warga Lopintol dikenal sebagai nelayan malam hari. Mereka bekerja tanpa pancing atau jaring, melainkan dengan teknik 'light fishing'.

Nelayan menggunakan sorot lampu petromaks untuk menarik perhatian ikan-ikan. Cara ini sangat efektif, sekali tangkap mereka bisa menyerok 40 ekor ikan.

Sedangkan penduduk di Kampung Warema memiliki kebiasaan berburu ulat sagu untuk dikonsumsi. Kamga pun menyusuri sungai dan masuk hutan. Ia mencari ulat sagu yang hidup di batang pohon sagu yang sudah ditebang dan mulai membusuk.

Selain dimasak, warga setempat biasa mengonsumsi ulat sagu mentah alias masih hidup. Kamga mendapat tantangan dari warga untuk makan ulat sagu yang baru diambil dari pohon. Beranikah Kamga?

Raja Ampat pula menyimpan jejak sejarah, berupa lukisan kuno dan cap tangan di tebing pulau karang di kawasan Teluk Kabui. Perjalanan diakhiri dengan mendaki ke puncak Kepulauan Wayag, yang memiliki panorama bagaikan ‘serpihan surga yang jatuh ke bumi’.

Mau lihat petualangan seru Kamga di Raja Ampat? Saksikan program "Explore Indonesia" episode Raja Ampat di Kompas TV, Selasa (22/1/2013) pukul 11.00 dan 21.00 WIB. (KompasTV/Anjas Prawioko)

Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com