Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Cap Go Meh, Hotel di Singkawang Habis Dipesan

Kompas.com - 21/01/2013, 14:59 WIB

SINGKAWANG, KOMPAS - Festival Cap Go Meh akan kembali digelar di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, pada pekan kedua Februari 2013. Meski masih sebulan lagi, semua kamar hotel di Kota Singkawang sudah habis dipesan wisatawan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Singkawang, Mulyadi Qamal, Minggu (20/1/2013), menjelaskan, ada 21 hotel di Kota Singkawang. ”Jumlah kamarnya sekitar 1.400 dan semuanya sudah habis dipesan oleh wisatawan, agen perjalanan, dan sejumlah instansi pemerintah yang terlibat dalam Festival Cap Go Meh di Singkawang,” kata Mulyadi.

Acara puncak Festival Cap Go Meh atau hari ke-15 setelah perayaan Imlek akan dilaksanakan 24 Februari mendatang. Seperti sebelumnya, pawai lampion dan tatung akan kembali digelar tahun ini. Tatung adalah orang-orang dengan kekebalan tubuh yang diarak dalam puncak festival.

Mulyadi menjelaskan, setiap kali digelar Festival Cap Go Meh, hotel-hotel di Singkawang selalu penuh. ”Selain festival, daya tarik lain bagi wisatawan adalah restoran, kelenteng, dan obyek wisata alam yang terus dibenahi. Kami, pengelola hotel dan restoran, mendapat dampak positif dari hal itu,” kata Mulyadi.

Menjelang Imlek dan perayaan Cap Go Meh, sejumlah persiapan sudah dilakukan oleh masyarakat Tionghoa. Salah seorang seniman Singkawang, Tjhin Nen Shin, mulai membuat replika naga. Shin yang dikenal sebagai dalang wayang gantung—kesenian tradisional dari Tiongkok— juga terampil membuat aksesori untuk Imlek dan Cap Go Meh seperti replika naga. (AHA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com