Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulut Targetkan 650.000 Wisatawan

Kompas.com - 23/01/2013, 13:34 WIB

MANADO, KOMPAS.com — Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menargetkan kunjungan wisatawan pada tahun 2013 sebanyak 650.000 orang. "Target kita, turis yang datang bisa meningkat menjadi 600.000 orang untuk turis domestik dan 50.000 orang turis mancanegara," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulut, Suprianda Ruru, di Manado, Selasa (22/1/2013).

Suprianda mengatakan, target tersebut optimistis tercapai mengingat Sulut saat ini menjadi salah satu tujuan wisata alternatif yang memiliki kekayaan budaya dan wisata cukup menarik. "Sulut selain punya Taman Laut Nasional Bunaken, salah satu yang terindah di dunia, masih punya potensi alam dan budaya yang sangat menarik bagi wisatawan," kata Suprianda.

Karena itu, Suprianda yakin wisatawan yang datang berkunjung ke daerah ini akan mampu mencapai angka sebagaimana ditargetkan.

Menurut Suprianda, kunjungan wisatawan domestik terutama didorong berbagai kegiatan skala nasional yang dilaksanakan di daerah ini.

Salah satu kegiatan skala nasional yang dipastikan menarik kunjungan turis domestik yakni Hari Pers Nasional yang akan berlangsung tanggal 4 hingga 9 Februari 2013, yang dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. "Ribuan peserta yang akan hadir dalam kegiatan HPN tersebut merupakan potensi mendorong pariwisata Sulut," kata Suprianda.

Guna mendorong wisatawan mancanegara datang ke Manado, pemerintah daerah akan ikut dalam berbagai ajang promosi di berbagai negara. Salah satunya yakni pameran Golden Dolphin yang akan berlangsung di Moskwa, Rusia, pada 14 hingga 17 Februari 2013.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com