Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asita Berau Dukung Festival Derawan 2013

Kompas.com - 25/01/2013, 16:02 WIB

TANJUNG REDEB, KOMPAS.com - Asosiasi Biro Perjalanan Indonesia (Asita) Kabupaten Berau, Kalimantan Timur mendukung rencana perhelatan akbar Festival Derawan 2013 dengan meluncurkan  "travelling card" ke Pulau Derawan.

Ketua Asita Berau, Hamid, di Tanjung Redeb, Jumat (25/1/2013), mengatakan, wisatawan banyak berkunjung ke Berau namun tidak semua membawa uang tunai. "Maka Asita menggandeng salah satu bank dan maskapai penerbangan untuk memudahkan pelayanan wisatawan tersebut," kata Hamid.

Dukungan itu ditandai dengan peluncuran travelling card atau kartu perjalanan wisata oleh Asita bekerja sama dengan Bank BNI dan maskapai penerbangan Sriwijaya Air yang dilaksanakan di Hotel Derawan, Rabu (23/1/2013).

Menurut Hamid, kerja sama itu merupakan bagian dari dukungan Asita kepada Pemkab Berau dalam rangka melaksanakan Festival Derawan 2013.

Kartu perjalanan wisata itu tidak hanya menguntungkan pihak Asita, Bank BNI dan pihak Sriwijaya saja, tetapi lebih mengutamakan peningkatan dan kemudahan pelayanan kepada wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Derawan atau ke pulau wisata lainnya.

"Inilah di antaranya bentuk dukungan kami terhadap Bupati Berau sebagai tuan rumah Festival Derawan 2013," katanya.

Hamid menjelaskan, industri pariwisata di Berau sangat menjanjikan, tinggal pengelolaannya harus lebih baik. Dalam hal ini Asita yang beranggotakan 50 agen, juga ambil bagian dalam melakukan promosi kepada setiap wisatawan yang berkunjung di Berau.

"Karena itu kami juga bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Berau mengupayakan agar daerah wisata yang dimiliki Berau ini makin dikenal oleh wisawan domestik, maupun wisatawan mancanegara," ujarnya.

Dia mengharapkan Pemkab Berau menyediakan transportasi yang bersubsidi, karena sejauh ini warga Berau sendiri merasa tarif transportasi tergolong mahal ketika hendak ke Derawan.

"Yang disayangkan lagi, Derawan milik masyarakat Berau, tetapi yang menikmati warga luar Berau. Karena transportasi dari Tarakan-Derawan lebih murah sehingga tidak sedikit wisatawan ke Derawan melalui Tarakan, ketimbang lewat Balikpapan atau Samarinda," katanya.

Program travelling card akan secepatnya direalisasikan jauh sebelum Festival Derawan dimulai sehingga persiapannya nanti lebih matang, dan pelaksanaannya juga bisa lebih maksimal. "Karena itu industri pariwisata ini harus dikembangkan, agar wisatawan mendapatkan kemudahan  menuju ke tempat wisata," kata Hamid.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com