Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal ke Mentawai karena Cuaca Buruk

Kompas.com - 27/01/2013, 15:23 WIB

PAYAKUMBUH, KOMPAS.com - Memasuki hari ke-14, tim "100 Hari Keliling Indonesia" bersiap-siap meneruskan perjalanan ke Sumatera Utara. Saat ini, tim berada di Sumatera Barat, tepatnya di Payakumbuh.

Ramon Y. Tungka sebagai pembawa acara "100 Hari Keliling Indonesia dan tim Kompas TV melakukan perjalanan mengelilingi Indonesia dalam 100 hari untuk program terbaru Kompas TV yang akan tayang pada Juni 2013 mendatang.

Sebelumnya, tim berangkat dari Jakarta pada hari Minggu (13/1/2013) menuju Lampung. Setelah dari Lampung, tim kemudian berlanjut ke Bengkulu. Pada Senin (21/1/2013), tim meneruskan perjalanan ke Padang.  

Dari Padang, tim masih di Sumatera Barat dengan mengunjungi Bukittingi dan Payakumbuh. Awalnya mereka dijadwalkan untuk mampir ke Pulau Mentawai. Namun rencana itu urung dilakukan.

"Kami nggak jadi ke Mentawai karena cuaca buruk. Bisa saja dipaksakan, tapi malah gambling. Bisa-bisa di sana kami berhari-hari," tutur Anggun Wicaksono, salah satu tim "100 Hari Keliling Indonesia", kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Minggu (27/1/2013).

Akhirnya, lanjut Anggun, tim pun memutuskan untuk menjelajahi Padang. Mereka lalu naik bus antar kota ke Bukittinggi.

"Naik bus, ongkosnya 16 ribu (rupiah). Ekonomi dan AC sama saja harganya, tapi ekonomi jalurnya lebih panjang," tutur Anggun.

Sesampai di Bukittinggi mereka pun menjelajahi kota tersebut dengan naik delman. Lalu menginap semalam di Bukittinggi di daerah Kartini dan mendapatkan hotel melati seharga Rp 300 ribu per malam.

Setelah Bukittinggi, tim melanjutkan perjalanan ke Payakumbuh. Mereka sempat bermalam di Payakumbuh dan hari ini berencana naik bus menuju Sumatera Utara.

Dalam program "100 Hari Keliling Indonesia", Ramon akan memulai perjalanan dari Jakarta, menuju Sumatera, kemudian Kalimantan. Lalu berlanjut ke Sulawesi, Papua, Ambon, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, dan Bali. Perjalanan kemudian berakhir di Pulau Jawa, tepatnya kembali di Jakarta.

Tak hanya sekedar panorama dan segala keindahan bumi Indonesia yang akan diangkat. Melainkan juga sisi budaya, masalah sosial, dan masalah lingkungan, sampai problematika transportasi yang dihadapi Ramon selama perjalanan.

Di bawah bendera Kompas TV, program "100 hari Keliling Indonesia" berintegrasi dengan media online Kompas.com, Kompasiana, Tribunews.com dan Harian Tribun. Integrasi tersebut untuk menghadirkan cerita di balik perjalanan tim "100 Hari Keliling Indonesia".

Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com