Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Merpati Tambah Rute Baru di Maluku

Kompas.com - 30/01/2013, 16:33 WIB

AMBON, KOMPAS.com - Perusahaan penerbangan Merpati Nusantara akan menambah lima rute baru di Provinsi Maluku pada 2013. "Lima rute baru yakni dari Ambon tujuan Banda, Namlea (Buru), Namrole (Buru Selatan), serta Wahai dan Amahai di Maluku Tengah," kata Manajer Cabang PT Merpati Nusantara Ambon, Indra Parhusip, di Ambon, Rabu (30/1/2013).

Menurut Indra, proses penandatanganan kontrak penambahan rute akan dilakukan Februari 2013 selanjutnya ditindaklanjuti denga penyusunan jadwal dan tarif penerbangan. "Dipastikan pertengahan tahun ini lima rute tersebut akan dilayani oleh maskapai perintis Merpati Nusantara," katanya.

Rute tersebut akan dilayani tiga kali sepekan untuk Ambon-Banda, sedangkan rute lainnya satu kali sepekan. "Rute tersebut merupakan jalur yang sering dikunjungi masyarakat, tetapi belum terlayani dengan penerbangan udara," ujarnya.

Indra mengakui, penambahan rute tersebut memudahkan masyarakat melakukan perjalanan ke kabupaten lainnya sekaligus upaya untuk mempromosikan pariwisata dan sumber daya alam Maluku. "Selama ini kita hanya melayani penerbangan perintis, yakni Ambon-Kisar-Saumlaki-Langgur-Dobo serta kembali dari Kisar-Saumlaki, Saumlaki-Tual," ujarnya.

Terkait penambahan rute tersebut, Merpati telah menambah dua unit pesawat baru dengan kapasitas tempat duduk lebih banyak dari tiga pesawat Casa 212 Seri 200 yang beroperasi selama ini. "Dua buah pesawat Casa yang akan beroperasi di wilayah Maluku merupakan seri 400 terbaru dengan kapasitas 28 tempat duduk," tambah Indra. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com