Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mei Ini, Yuk Lihat Festival Jailolo

Kompas.com - 31/01/2013, 16:07 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com – Festival Teluk Jailolo kembali digelar pada 16-18 Mei 2013 di Jailolo, Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Provinsi Maluku Utara. Tahun ini, merupakan kali kelima festival tahunan tersebut diselenggarakan.

“Festival ini sudah lima tahun. Selama ini fokus ke budaya dan adat istiadat. Dulu kami tampilkan teater di atas laut, biasanya siang. Tahun ini kita buat malam hari,” ungkap Bupati Halmahera Barat, Namto Hui Roba, saat jumpa pers mengenai acara “Semalam di Jailolo”, di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Jakarta, Kamis (31/1/2013).

Tahun ini, festival tersebut juga dalam rangka “Visit Halmahera Barat Year 2013” atau tahun kunjungan wisata ke Halmahera Barat di tahun 2013. Dalam rangka menyongsong tahun kunjungan maupun Festival Teluk Jailolo, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat menggelar acara seni budaya bertajuk “Semalam di Jailolo” yang akan berlangsung di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, malam ini.

Dalam acara tersebut akan ditampilkan potensi dan budaya Halbar seperti tari adat Cakalele, Dana-Dana, Legu Salai, Sara Dabi-Dabi dan berbagai lagu. Juga akan ditampilkan pertunjukan mini “Sasadu on The Sea” yang merupakan acara puncak pada Festival Teluk Jailolo.

“Nanti di festival, Sasadu on The Sea (pertunjukan seni) akan tampil, pentasnya di atas laut dan malam-malam. Biasanya tahun-tahun lalu pentas menjelang matahari terbenam,” tutur Kepala Kantor Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Halmahera Barat, Fenny Kiat.

Fenny menuturkan berdasarkan data di Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Halmahera Barat, wisatawan yang datang ke Halmahera Barat berkisar 3.000 orang. Wilayah Halbar termasuk dalam segitiga karang dunia, sehingga memiliki potensi alam bawah laut beragam.

Halbar merupakan salah satu destinasi wisata minat khusus untuk selam atau diving. Kabupaten Halbar juga memiliki potensi sebagai destinasi wisata sejarah karena sejak masa kolonial Belanda terkenal sebagai sumber rempah-rempah dunia.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com