Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semalam di Jailolo

Kompas.com - 02/02/2013, 14:52 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com - Sebagai awal dimulainya “Visit Halmahera Barat Year 2013” serta dalam rangka menyongsong Festival Teluk Jailolo yang akan berlangsung pada 16-18 Mei 2013, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat menggelar acara seni budaya bertajuk “Semalam di Jailolo” di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta kantor Kementerian Parekraf, Jumat (31/1/2013) malam.

Dalam acara tersebut ditampilkan potensi dan budaya Kabupaten Halmahera Barat antara lain berupa tari adat Jailolo seperti tari Cakalele, Dana-Dana, Legu Salai, tari Sara Dabi-Dabi serta alunan lagu Indah Alam Negeriku yang merupakan goresan karya anak negeri Halmahera Barat dan lagu Rayuan Pulau Kelapa.

Selain itu ditampilkan serangkaian hiburan seperti mini show “Sasadu on The Sea” yang merupakan acara puncak pada Festival Teluk Jailolo mendatang,  serta acara Horom Sasadu sebagai pesta makan adat suku Sahu, yang hingga kini keunikannya masih terjaga keutuhannya serta terpelihara dengan baik.

Tradisi Horom Sasadu yang sebenarnya sangat unik. Horom Sasadu adalah pesta ini dimulai dari 9 hari 9 malam, 7 hari 7 malam, 5 hari 5 malam, 3 hari 3 malam, atau cuma sehari semalam tergantung dari hasil panen yang diperoleh. Selama berpesta, mereka tidak pernah tidur dan tidak pernah ngantuk. Makan terus menerus sambil bernyanyi dan menari,  tetapi tidak pernah merasa kenyang dan minum minuman  tradisional tetapi tidak pernah membuat mereka mabuk.

Pesta makan adat ini sebagai puncak acara ‘Semalam di Jailolo’. Acara ini juga dimeriahkan dengan Pameran Investasi Pariwisata yang menampilkan potensi dan kekayaan alam Halmahera Barat melalui karya seni, fotografi dan produksi unggulan daerah.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com