Cirebon, Kaya Budaya dan Simbol-simbol

Kompas.com - 03/02/2013, 18:18 WIB

PERLU menemukan waktu yang tepat untuk berkunjung ke daerah atau tempat wisata tertentu. Bagaimana dengan Cirebon? Salah satu kota di Jawa Barat ini merupakan salah satu wisata unggulan. Selain akses transportasi yang mudah, kota ini pun merupakan salah satu pusat wisata budaya.

Kepala Bidang Pariwisata Disporabudpar Kota Cirebon Chairul Salam yang ditemui di Keraton Kasepuhan Cirebon, Sabtu (2/2/2013), mengatakan bahwa Cirebon sebagai "The Gate of Secret" yang di dalamnya penuh potensi budaya dengan adanya simbol-simbol.

Simbol yang ada di setiap pusat budaya, seperti Keraton Kasepuhan dan Keraton Kanoman, sarat akan makna keagamaan, yaitu Islam. Maka, tak heran jika banyak wisatawan datang ke Cirebon pada saat peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Pada saat Maulid Nabi, menurut Chairul, kedua keraton yang ada di Cirebon akan mengadakan berbagai tradisi yang masih kental dengan adat serta menarik wisatawan untuk datang menyaksikan berbagai ritual menarik yang berlangsung. "Pada saat itu, masyarakat beramai-ramai datang tanpa diundang," ujar Chairul.

Saat perayaan Maulid mendatang, rencananya tidak hanya digelar ritual keagamaan, tetapi juga ditambah dengan konsep menarik lain yang menarik orang untuk datang. "Misalnya dengan menggelar busana Muslim," katanya.

Untuk tetap mengeksistensikan diri, baik tingkat nasional maupun internasional, dan lebih memperkenalkan kebudayaan Cirebon kepada khalayak luas, keraton kerap mengikuti berbagai kegiatan. Dalam waktu dekat Chairul menambahkan, keraton akan mengikuti Festival Keraton Nusantara yang akan digelar di Medan, Sumatera Utara.



EditorI Made Asdhiana

Close Ads X