Kompas.com - 04/02/2013, 13:44 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com – Sebuah restoran di Nusa Dua menawarkan konsep menikmati kuliner khas Bali dalam nuansa kerajaan Bali. Ya, seakan tamu diajak menjadi raja Bali dalam semalam saat menyantap hidangan mewah namun khas tradisional Bali.

Restoran Raja’s berada di Nusa Dua Beach Hotel & Spa yang terletak di area BTDC Nusa Dua. Lokasi restoran di tepi kolam renang dan dekat pantai. Deburan ombak pun bisa terdengar dari restoran.

Raja’s mengajak tamu menikmati hidangan layaknya keluarga kerajaan Bali sedang makan bersama. Tak heran, kuliner yang diadopsi pun berasal warisan kuliner di desa-desa tradisional di Bali maupun kerajaan Bali.

Namun, tak perlu khawatir untuk wisatawan domestik. Sebab, restoran Raja’s hanya menyajikan menu-menu halal. Mulailah dengan hidangan pembuka berupa Palem Sari Ulam yang merupakan bahan laut dikukus dengan santan.

Lalu bisa pilih Tum Udang sejenis pepes dari udang yang dikukus dalam balutan daun pisang dan disajikan dengan rumput laut dan saus bawang putih yang pedas. Pilihan lain juga bisa Kuah Gedang Sareng dari udang dan pepaya muda serta kuah kaldu seperti sup.

Nah, untuk  hidangan utama bisa pilih Sate Gede atau satai ayam maupun daging dalam potongan besar. Ikan kakap dibakar dengan aneka bumbu hadir dalam menu Ulam Segara Mepanggang. Menu lainnya bisa coba Pesan Be Pasih berupa ikan tenggiri yang dibungkus daun pisang dan dibakar.

Tak hanya hidangan laut, pilihan untuk menu utama adalah Bebek Betutu atau Ayam Betutu. Bebek atau ayam utuh dibumbui dengan 19 jenis rempah-rempah, lalu dibungkus dan dimasak selama empat jam hingga bumbu benar-benar meresap.

Tentu tak lengkap menikmati hidangan Bali tanpa rasa pedas. Tamu pun disuguhkan sambal dalam wadah cobek. Bergesar ke hidangan penutup, tamu bisa menikmati Pisang Rai ataupun Dadar Gulung. Hanya saja kedua menu ini disuguhkan dengan es krim seperti es krim jahe dan es krim kelapa.

Raja’s juga membuka kelas memasak untuk Anda yang tertarik mempelajari masakan tradisional Bali. Kelas memasak dibuka setiap Senin dan Jumat. Uniknya, kelas memasak termasuk berkunjung ke kebun rempah-rempah milik hotel untuk mempelajari bumbu masakan Bali.

Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.