Batik Trusmi, Oleh-oleh Wajib dari Cirebon

Kompas.com - 06/02/2013, 10:41 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

CIREBON memang terkenal dengan kota udang, tapi ternyata, jika Anda berwisata ke sini, oleh-oleh yang wajib dibawa pulang bukan hanya aneka makanan berbahan udang melainkan batik.

Berburu batik, lokasinya tak jauh dari Stasiun Cirebon, tepatnya di Jalan Panembahan Utara, Kecamatan Plered, Cirebon, Anda akan menemui Kampung Batik.

Kalau di kota besar, bentuknya seperti perumahan, bedanya, di kampung batik ini berjajar aneka butik batik dari berbagai perajin batik.

Salah satu yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Cirebon ialah Batik Trusmi. Kios Batik Trusmi layaknya departement store namun hanya menjual aneka kerajinan batik. Mulai dari kain bahan, baju, bawahan, tas, dompet dan pernak-pernik batik lainnya.

Terdapat tiga jenis batik, ada batik printing atau buatan mesin, batik cap, hingga batik tulis. Sudah pasti harga ketiga jenis batik tersebut berbeda-beda dan yang paling mahal ialah batik tulis.

Untuk sepotong kemeja dengan bahan batik tulis, harganya bisa mencapai Rp 400.000 bahkan lebih. Sedangkan untuk bahan yang belum dibuat baju harganya mulai dari Rp 85.000 hingga Rp 400.000.

Meski harganya yang sangat tinggi, namun batik tulis ini sangat diminati wisatawan karena kualitasnya yang terjamin, bahan dan warna batik pun lebih awet. Untuk model corak batik, corak andalan Batik Trusmi ialah Mega Mendung, bentuknya seperti awan-awan dengan warna-warna yang terang.

Anda tak perlu khawatir bingung saat belanja di Batik Trusmi ini, karena akan ada banyak pramuniaga yang ramah akan mendampingi setiap pengunjung yang datang. Mereka pun akan memberi tahu jenis-jenis batik yang tersedia serta produk-produk lucu yang mungkin terlewat pada saat pengunjung mencari.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X