Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batik Trusmi, Oleh-oleh Wajib dari Cirebon

Kompas.com - 06/02/2013, 10:41 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

CIREBON memang terkenal dengan kota udang, tapi ternyata, jika Anda berwisata ke sini, oleh-oleh yang wajib dibawa pulang bukan hanya aneka makanan berbahan udang melainkan batik.

Berburu batik, lokasinya tak jauh dari Stasiun Cirebon, tepatnya di Jalan Panembahan Utara, Kecamatan Plered, Cirebon, Anda akan menemui Kampung Batik.

Kalau di kota besar, bentuknya seperti perumahan, bedanya, di kampung batik ini berjajar aneka butik batik dari berbagai perajin batik.

Salah satu yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang datang ke Cirebon ialah Batik Trusmi. Kios Batik Trusmi layaknya departement store namun hanya menjual aneka kerajinan batik. Mulai dari kain bahan, baju, bawahan, tas, dompet dan pernak-pernik batik lainnya.

Terdapat tiga jenis batik, ada batik printing atau buatan mesin, batik cap, hingga batik tulis. Sudah pasti harga ketiga jenis batik tersebut berbeda-beda dan yang paling mahal ialah batik tulis.

Untuk sepotong kemeja dengan bahan batik tulis, harganya bisa mencapai Rp 400.000 bahkan lebih. Sedangkan untuk bahan yang belum dibuat baju harganya mulai dari Rp 85.000 hingga Rp 400.000.

Meski harganya yang sangat tinggi, namun batik tulis ini sangat diminati wisatawan karena kualitasnya yang terjamin, bahan dan warna batik pun lebih awet. Untuk model corak batik, corak andalan Batik Trusmi ialah Mega Mendung, bentuknya seperti awan-awan dengan warna-warna yang terang.

Anda tak perlu khawatir bingung saat belanja di Batik Trusmi ini, karena akan ada banyak pramuniaga yang ramah akan mendampingi setiap pengunjung yang datang. Mereka pun akan memberi tahu jenis-jenis batik yang tersedia serta produk-produk lucu yang mungkin terlewat pada saat pengunjung mencari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com