Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/02/2013, 12:21 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com – Wisatawan asal Korea Selatan yang datang ke Indonesia, sebagian besar masih fokus berwisata di Pulau Bali dan Pulau Lombok untuk berbulan madu.

"Banyak turis Korea datang untuk honeymoon, tapi fokusnya di Pulau Bali dan Pulau Lombok," ungkap Jhonnie Sugiarto, seorang pengusaha di bidang pariwisata, saat jumpa pers mengenai Indonesia-Korea Friendship Association (IKFA) di Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Ia mengungkapkan para turis bulan madu asal Korea Selatan tersebut menyukai pulau-pulau sepi dengan pantai indah. Serta, lanjutnya, mereka menyukai aktivitas wisata bahari seperti menyelam, snorkeling, dan jetski.

Selain itu, tambah Jhonnie, sebagian besar adalah anak muda. Mereka tidak mau hanya tinggal diam di dalam kamar, tetapi menginginkan banyak kegiatan luar ruangan.

"Indonesia punya banyak spot honeymoon yang cocok untuk mereka, tapi belum banyak dikembangkan," ungkap Jhonnie.

Sayangnya, seperti diungkapkan Ketua Umum IKFA, Nick Dammen, wisatawan Korea Selatan yang datang ke Indonesia masih di sekitar 300 ribu wisatawan di tahun 2011. Padahal di tahun yang sama, warga Korea Selatan yang melakukan wisata ke luar negeri mencapai 12 juta wisatawan.

"Orang Korea (Selatan) yang ke Indonesia kebanyakan pakai visa bisnis," tutur Dammen.

Sementara itu, Jhonnie berharap di Indonesia akan lebih banyak bermunculan restoran-restoran Korea untuk mengakomodir wisatawan asal Korea Selatan.

"Kuliner di berbagai tempat kalau diperhatikan lebih banyak restoran Jepang. Tapi tak banyak restoran Korea. Ini jomplang, padahal volume orang Korea yang kerja di Indonesia lebih banyak daripada orang Jepang," tutur Jhonnie.

Dengan adanya restoran Korea, lanjutnya, diharapkan dapat mendorong orang Korea Selatan untuk datang ke Indonesia, minimal mendorong mereka untuk tetap merasa seperti di rumah. Seperti pada umumnya pelancong asal Asia, turis Korea Selatan biasanya tetap ingin dapat menikmati kuliner negara asal walau sedang melancong di negara lain.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+