Kompas.com - 06/02/2013, 17:13 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com — Pulau Jeju di Korea Selatan memang tengah naik daun. Menurut Ketua Umum Indonesia-Korea Friendship Association (IKFA) Nick T Dammen, Pulau Jeju didominasi wisatawan asal China.

"Jeju bisa dibilang saingannya Bali. Saya pernah usulkan rute Jeju-Denpasar. Jeju sangat terkenal di masyarakat China," kata Dammen yang pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Korea, saat jumpa pers mengenai IKFA di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Ia menuturkan, jika penerbangan Jeju-Denpasar atau Jeju-Jakarta dibuka, maka para wisatawan China ini pun bisa dijaring untuk melanjutkan perjalanan ke Indonesia.

"Mereka biasanya dari daratan Tiongkok ke Jeju, lalu balik lagi ke Tiongkok. Beberapa ada yang lanjut ke Jepang," tuturnya.

Menurutnya, Bali tak kalah menarik dibanding Jeju. Namun ia mengakui, Indonesia kalah di urusan promosi pariwisata.

Sebagai perbandingan, seperti diungkapkan Dammen, Pulau Jeju sendiri dikunjungi 7 juta wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2011. Sementara itu, berdasarkan data BPS, di tahun yang sama, Indonesia dikunjungi 7,7 juta wisman. Sementara itu, data BPS menunjukkan bahwa Pulau Bali dikunjungi 2,8 juta wisman.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X