Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dammen: Pulau Jeju Saingannya Bali

Kompas.com - 06/02/2013, 17:13 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Pulau Jeju di Korea Selatan memang tengah naik daun. Menurut Ketua Umum Indonesia-Korea Friendship Association (IKFA) Nick T Dammen, Pulau Jeju didominasi wisatawan asal China.

"Jeju bisa dibilang saingannya Bali. Saya pernah usulkan rute Jeju-Denpasar. Jeju sangat terkenal di masyarakat China," kata Dammen yang pernah menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Korea, saat jumpa pers mengenai IKFA di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Ia menuturkan, jika penerbangan Jeju-Denpasar atau Jeju-Jakarta dibuka, maka para wisatawan China ini pun bisa dijaring untuk melanjutkan perjalanan ke Indonesia.

"Mereka biasanya dari daratan Tiongkok ke Jeju, lalu balik lagi ke Tiongkok. Beberapa ada yang lanjut ke Jepang," tuturnya.

Menurutnya, Bali tak kalah menarik dibanding Jeju. Namun ia mengakui, Indonesia kalah di urusan promosi pariwisata.

Sebagai perbandingan, seperti diungkapkan Dammen, Pulau Jeju sendiri dikunjungi 7 juta wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2011. Sementara itu, berdasarkan data BPS, di tahun yang sama, Indonesia dikunjungi 7,7 juta wisman. Sementara itu, data BPS menunjukkan bahwa Pulau Bali dikunjungi 2,8 juta wisman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com