Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Teluk Jailolo Tampilkan Kekhasan Suku Sahu

Kompas.com - 10/02/2013, 11:42 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Festival Teluk Jailolo di Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), Maluku Utara (Malut) menyuguhkan berbagai kegiatan yang unik dan menarik pesta adat Suku Sahu salah satu suku di wilayah Halbar yang berlangsung 16-18 Mei 2013.

Kepala Dinas Pariwisata Halbar, Fenny Kiat ketika dihubungi dari Ternate, Sabtu (9/2/2013), mengatakaan,  festival yang masuk dalam kalender kegiatan pariwisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut juga menyuguhkan parade gerobak sapi yang melibatkan para petani dari berbagai wilayah di Halbar.

Selain itu, berbagai jenis lomba yang terkait dengan kebaharian, seperti lomba foto dan video bawah laut, lomba memancing, lomba renang dan lomba dayung perahu tradisional serta lomba tarian dan musik tradisional.

Fenny Kiat mengatakan, Festival Teluk Jailolo mengusung tema "The Treasure of Spice Island" akan diawali dengan ritual pembersihan laut dalam bahasa daerah setempat disebut "sigofi ngolo", yang dimaksudkan  sebagai simbol komitmen masyarakat setempat dalam menjaga kelestarian lingkungan laut.

Pada acara pucak festival tersebut akan dipentaskan theater dengan nama "sasadu on the sea" pada panggung di atas laut sehingga akan menyajikan tontonan yang menarik dan khas, karena jarang sekali ada pentas theater pada panggung di atas laut.

"Kami yakin wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri tidak akan menyesal jika menghadiri Festival Teluk Jailolo tersebut, apalagi selain menyaksikan berbagai kegiatan menarik pada  festival itu, juga bisa menikmati objek wisata lainnya yang tidak kalah menarik di Halbar," katanya.

Obyek wisata tersebut yakni keindahan panorama bawah laut di perairan Teluk Jailolo yang menyuguhkan aneka jenis terumbu karang, ikan hias dan berbagai jenis biota laut lainnya.

Di Halbar, menurut Fenny Kiat, wisatawan juga bisa menyaksikan berbagai peninggalan sejarah seperti rumah adat Suku Sahu yang menyimpan berbagai peninggalan para leluhur Suku Sahu, serta panorama hutan alami yang dihuni berbagai flora dan fauna menarik, diantaranya burung bidadari.

Fenny menambahkan, akses untuk mencapai Halbar cukup lancar yakni dari Ternate kemudian melanjutkan perjalanan ke Jailolo, ibu kota Kabupaten Halbar menggunakan speed boat dengan tarif Rp 50.000 per orang. "Sarana akomodasi di Halmahera Barat tidak ada masalah," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com