Kompas.com - 15/02/2013, 12:34 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Liburan long weekend beberapa waktu yang lalu, saya bersama dengan sahabat saya, pergi berlibur ke pulau Derawan, Kalimantan Timur. Pulau yang kami impikan selama berbulan-bulan.

Kami tidak pergi sendiri, tetapi bersama teman-teman dari komunitas @backpackseru. Ke Derawan itu enaknya pergi ramai-ramai, karena transportasi lautnya masih sedikit, jadi kalau tidak ramai-ramai biaya jadi lebih mahal. Biaya kami ke Derawan Rp 2.500.000 per orang, di luar tiket pesawat untuk maksimal 15 orang. Biaya ini untuk akomodasi, transportasi, makan, dan peralatan snorkeling.

Kami memilih penerbangan pertama jam 05.00 dari Bandara Soekarno-Hatta. Sebenarnya ada yang jam 06.00 tetapi kalau Anda pilih yang jam 06.00 pesawat transit terlebih dahulu di Balikpapan. Sedangkan tujuan kita langsung ke Tarakan. Nah yang jam 05.00 itu langsung ke Tarakan. Anda bisa menghemat waktu sekitar 2 jam lho.

Hari Pertama

Sesampainya di Bandara Juwata Tarakan, kami masih harus menunggu teman-teman yang datang jam 12.00 karena sebagian dari kami memang tidak bareng berangkatnya. Sambil menunggu, kami pergi jalan-jalan ke hutan bakau yang letaknya tidak jauh dari bandara. Hanya butuh waktu 15 menit untuk sampai.

Kami berjalan-jalan menyusuri hutan dan melihat habitat monyet Bekantan dari dekat. Jika Anda datang ke hutan bakau pagi-pagi sekali, maka berkesempatan untuk memberi bekantan-bekantan ini makan.

Setelah  puas mengitari hutan bakau, waktunya makan siang. Langsung saja kami menuju rumah makan seafood Kepiting Kenari. Dari obrolan dengan guide kami, Kepiting Kenari yang terkenal di Balikpapan itu ternyata pusatnya adalah di Tarakan.

Terbayang kelezatannya, langsung saja kami memesan 2 menu kepiting, yaitu kepiting lada hitam dan kepiting asam manis. Hmmmm... lapar apa doyan nih, he-he... Enak banget pokoknya, nggak sampai sejam sudah habis itu kepiting. Kalau Anda ke sini harus cobain yah.

Sekitar jam 13.00, setelah rombongan kami lengkap, kami segera menuju dermaga Tengkayu untuk menuju ke Derawan naik speed boat. Setelah perjalanan selama kurang lebih 4 jam, akhirnya kami sampai di Derawan!

Wuiihh...! Hilang semua lelah akibat kurang tidur karena mengejar pesawat pagi dan lelah di speed boat karena pemandangan yang tersajikan membuat kami semua berdecak kagum.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.