Kompas.com - 16/02/2013, 17:00 WIB
|
EditorGlori K. Wadrianto

MANADO, KOMPAS.com - Setelah melewati proses ritual poapoe di Klenteng tertua Ban Hing Kiong Manado, perayaan Cap Go Meh (Goan Siao) di Manado dipastikan bakal sangat ramai. Walau hampir setiap tahun perayaan Cap Go Meh dilakukan dengan kirab turun ke jalan raya, namun kali ini menjadi lebih istimewa karena seluruh klenteng yang ada di Manado dipastikan akan ikut ambil bagian pada Minggu (24/2/2103) mendatang.

Ritual poapoe adalah sebuah prosesi permohonan kepada Yang Maha Kuasa yang dilakukan oleh umat Tridharma untuk memohon agar prosesi Cap Go Meh bisa diijinkan melakukan kirab di jalan. Sebagaimana diketahui beberapa tahun belakangan klenteng Ban Hing Kiong tidak ikut melakukan kirab.

Perayaan Cap Go Meh di Manado selalu menjadi daya tarik yang luar biasa karena seluruh umat Tridharma berkumpul di klenteng dengan pakaian dan ornamen khas mereka. Tontonan utamanya adalah orang kebal yang dipercaya sebagai perwujudan dewa, Thang Sin yang berpindah-pindah dari Kio (usungan) turun meramaikan kirab.

Seperti biasanya, puluhan ribu warga Manado dan sekitarnya, bahkan dari luar daerah memadati kawasan Kampung Cina tempat kirab dilaksanakan. Di Kawasan ini terdapat beberapa klenteng dengan klenteng Ban Hing Kiong serta klenteng Kwang Kong sebagai klenteng utama.

Menariknya, prosesi Cap Go Meh tersebut diisi pula dengan berbagai atraksi budaya orang Minahasa lainnya, seperti pagelaran Musik Bambu, Musik Bia, Musik Klarinet. Ikut pula akan meramaikan pasukan berkuda dan para penari Kabasaran, sebuah tarian perang orang Minahasa.

Alhasil, dalam setiap perayaan Cap Go Meh pertunjukkan ilmu kebal dari para Tang Sin dan para penara Kabasaran selalu dinanti. Demikian pula warna-warni berbagai atribut budaya menjadi daya tarik yang luar biasa. Dalam setiap perayaan Cap Go Meh, kawasan Kampung Cina sudah disesaki warga yang tidak ingin melewatkan perayaan tersebut sejak pagi hingga malam hari ketika seluruh prosesi selesai.

Kehidupan yang harmonis antara warga lokal dengan warga etnis Tionghoa di Manado menjadikan setiap perayaan keagamaan umat Tridharma selalu meriah dan diterima dengan baik. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.