Kompas.com - 19/02/2013, 15:52 WIB
|
Editorkadek

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia makin gemar liburan. Biasanya mereka merencanakan waktu liburan mereka dari jauh-jauh hari, termasuk mempersiapkan tempat untuk menginap.

Memilih tempat penginapan pun bukan sembarang pilih. General Manager Bookpanorama.com, Hans Tjandra, saat peluncuran Bookpanorama.com di Jakarta, Selasa (19/2/2013), mengatakan bahwa wisatawan Indonesia biasanya memilih yang harganya murah serta bisa mendapatkan banyak keuntungan.

Menurutnya, salah satu keuntungan yang dicari oleh wisatawan adalah tidak dipusingkan soal pembayaran di muka dalam hal pemesanan kamar hotel. Karena bisa saja mendekati hari H, terjadi perubahan pemesanan kamar, entah karena pembatalan, pengurangan atau penambahan hari, maupun penambahan atau pengurangan fasilitas yang digunakan.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, Bookpanorama.com, sistem pemesanan hotel online, menawarkan pemesanan hotel dengan sistem pembayaran yang berbeda, yaitu "booking sekarang, bayar belakangan".

Dengan demikian, pemesan tak perlu membayar uang muka untuk hotel yang akan ia inapi. Pembayaran akan dilakukan di hotel tempat mereka menginap pada saat check-out, yaitu setelah mereka menikmati pelayanan hotel.

Hal ini, kata Hans, untuk mengantisipasi apabila terjadi perubahan pemesanan. Sistem pengembalian untuk hotel yang telah dipesan dengan uang muka biasanya tidak mudah dan dapat merugikan pemesan.

Hotel-hotel yang bisa dipesan melalui situs Bookpanorama.com tersebar di 129 negara di seluruh dunia. Hal ini berkat kerjasama dengan sistem pemesanan hotel terbesar di dunia yaitu Booking.com.

"Saya jamin hotel melati sampai bintang lima ada," ujar Hans.

Adanya metode pemesanan seperti ini, lanjut Hans, berusaha untuk mementingkan kepuasan konsumen. Ke depan, pihaknya berharap sistem tersebut bisa menjadi standar baru di bidang pemesanan kamar hotel.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.