Kompas.com - 21/02/2013, 11:30 WIB
EditorI Made Asdhiana

LONDON, KOMPAS.com - Pesona alam bawah laut Indonesia yang memiliki kekayaan berhasil memikat pengunjung festival tahunan Golden Dolphin di Moskwa baru-baru ini. "Festival tahunan "Golden Dolphin 2013" yang digelar di Gedung Pameran Gostiny Dvor, yang merupakan tempat paling bergengsi untuk pameran besar di Moskwa dengan standar internasional," kata Sekretaris III Pensosbud KBRI Moskwa, Pratomo Adi Nugroho, Kamis (21/2/2013).

Eljohn Tourism bersama Pemda Sulawesi Utara, Wakatobi, dan sejumlah tour operator lain yang mengisi anjungan Indonesia menawarkan sejumlah diving sites di Indonesia kepada calon-calon wisatawan potensial dari Rusia.

"Daya pikat yang perlu terus dijaga dan dilestarikan untuk menarik semakin banyak wisatawan asing untuk menikmatinya," kata Muis Muhammad Noer dari Eljohn Tourism.

Menurut Muis, surga bawah laut yang ditawarkan kepada penggila wisata bawah laut Rusia tersebut terletak mulai dari Pulau Weh di bagian Barat Indonesia, Wakatobi, Laut Banda, Teluk Lembeh, Alor, Halmahera, Bunaken hingga Raja Ampat dan masih banyak surga bawah laut Indonesia lainnya.

Dengan partisipasi sekitar 230 perusahaan dari 36 negara dan dipadati lebih dari 23.000 pengunjung, festival ini merupakan "showcase" akbar bagi para pecinta wisata bahari dari seluruh dunia, khususnya Rusia.

Kegiatan ini mendatangkan berbagai peserta dari kalangan wisatawan, wakil-wakil perusahaan dan dealer peralatan menyelam, pengusaha, fotografer, seniman, musisi dan masyarakat pecinta laut. Semua peserta tersebut tampak memenuhi balai besar dengan luas 53.000 meter persegi yang berjarak hanya sekitar 150 meter dari tujuan wisata terkenal Moskwa yaitu Lapangan Merah dan Kremlin.

Sebagai negara kepulauan yang kaya akan tujuan wisata air, Indonesia merupakan salah satu peserta reguler festival "Golden Dolphin" tak terkecuali pada tahun ini. Bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, KBRI Moskwa turut mendukung dan memeriahkan festival ini.

Kali ini Indonesia mendatangkan peserta dari berbagai perusahaan wisata dan resort dari seluruh Indonesia antara lain Kungkungan Bay Resort, Minahasa Lagoon Dive and Tour Club, Siladen Resort and Spa, Tasik Ria Resort and Tasik Divers Manado, Dive Center Thalassa, Pemda Sulawesi Utara dan Kabupaten Wakatobi.

Selain itu KBRI Moskwa juga menggandeng Cathay Pacific Airways untuk turut berpartisipasi dengan lokasi di tengah gedung pameran, stand Indonesia tampil menarik perhatian banyak pengunjung.

Selain memperkenalkan para hadirin pada keindahan tujuan-tujuan wisata air, stand Indonesia juga menawarkan refreshment berupa kopi tradisional dari Indonesia, yang tampak dinikmati banyak hadirin di pameran.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.