Tak Perlu Khawatir Kelamaan Transit di Dubai

Kompas.com - 21/02/2013, 19:07 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Emirates Airlines akan menambah jadwal penerbangan barunya Jakarta - Dubai pada 2 Maret 2013 yang mengkoneksikan penumpang ke 129 destinasi di dunia.

"Penerbangan ke Eropa, bahkan sampai Amerika, Timur Tengah sudah jadi 'makanan' kita," ujar Sales Manager Emirates Indonesia, Illonka Leiwakabessy, saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (21/2/2013).

Penerbangan ke banyak rute tersebut, bukan merupakan penerbangan langsung tetapi harus transit di Dubai. Namun jangan khawatir, karena pada saat masa menunggu penerbangan selanjutnya pihak maskapai akan tetap memberikan pelayan kepada penumpang.

"Seandainya mereka mesti menunggu agak lama, kita ada berikan, namanya STPC yaitu Stopover Paid by Carrier," kata Illonka.

Dalam STPC tersebut, menurut Illonka, jika penumpang harus menunggu di atas 8 jam, akan ada hotel khusus yang disediakan, akomodasi, termasuk visa selama berada di Dubai.

"Jadi kita yang menanggung hotelnya dia (penumpang) karena kebetulan dia (penumpang) harus menunggu lebih lama tidak hanya dua atau tiga jam atau empat jam. Tapi ada syarat-syarat tertentu ya," paparnya.

Illonka melanjutkan, bandara di Dubai bagus dan sangat besar, sehingga penumpang pun bisa sekaligus jalan-jalan berkeliling di sana selama menunggu masa transit.

"Yang namanya bandara Dubai itu sangat besar, penumpang menunggu tiga jam-an saja tidak terasa karena tempat nuggunya enak sih," katanya.

Selain itu, penumpang pun bisa menikmati terminal baru yang baru-baru ini dioperasikan Emirates yakni Terminal Concourse A. Terminal berteknologi canggih ini khusus dibuat untuk Airbus A380 yang dimiliki Emirates. Airbus A380 memiliki rute penerbangan terutama ke negara-negara di Eropa.

"Concourse A khusus untuk A380, kita ada spa, lounge dengan hitech furniture, semuanya canggih," ujar Emirates Airport Services Manager Indonesia, Ferdinand Sitepu, kepada Kompas.com.

Untuk menuju ke Concourse A akan ada transportasi penghubung berupa shuttle bus bahkan kereta.

"Dari Jakarta ke Dubai kita akan tiba di terminal B (terminal khusus kedatangan dari Jakarta). Kalau mau connecting ke A380 kita hanya pakai train ke sana (Concourse A)," tambah Sitepu.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X