Kompas.com - 22/02/2013, 18:55 WIB
Editorkadek

MELEWATI jalan berbatu dan menelusuri sungai panjang, menemani perjalanan Ramon Y. Tungka, pembawa acara "Kampung Main" yang tayang di Kompas TV, saat berada Pulau Borneo.

Bukan tanpa alasan Ramon bertandang ke Dusun Kuntap, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Di dusun tempat tinggal suku Dayak Tunjung Benuaq tersebut, terdapat sebuah permainan budaya yang disebut Bahempas.

Permainan ini cukup menguji nyali. Bahempas melibatkan dua pemain yang masing-masing dilengkapi dengan tameng dan tongkat rotan. Mereka harus saling pukul dan juga harus piawai menghindar dari sabetan rotan lawan.

Beruntung, sesampainya di Dusun Kuntap, Ramon bertemu dengan Pak Bahran dan Pak Lumba, yang tengah berlatih Bahempas. Tanpa basa-basi Ramon diajak bergabung untuk menguji nyali dan ketangkasan menghindar dan memukul rotan.

Tak jauh dari lokasi bermain Bahempas, Ramon menemui sekumpulan anak yang tengah bermain gasing. Permainan yang sangat tidak asing bagi anak-anak nusantara.

Sama seperti daerah lainnya, keseruan bermain gasing dilihat dari lamanya gasing berputar. Ada hal unik dari gasing khas Dusun Kuntap.

Biasanya, gasing akan berputar pada titik tumpu yang berada di bagian bawah gasing. Namun, gasing yang dimainkan anak-anak Dayak Tunjung Benuaq ini bisa berputar pada titik tumpu yang berada di bagian bawah maupun kepala gasing.

Permainan lain yang ada di Dusun Kuntap adalah Kete’ Karet, yang artinya menjepret karet. Sebelum bemain, pemain akan menyiapkan 2 tiang kayu kecil setinggi sekitar 10 sentimeter tempat menyangkutkan banyak karet.

Para pemain bertugas untuk menjatuhkan karet-karet yang dikaitkan di atas tiang dengan cara menjepretnya. Siapa yang berhasil menjatuhkan paling banyak karet, dia yang akan menang.

Bukan hanya Bahempas, Gasing dan Kete’ Karet, di Dusun Kuntap ini Ramon juga menemukan permanian Belogo. Permainan yang hampir sama dengan Sepa, permainan asal Watublapi, Flores.

Ramon mencoba menantang para pemuda setempat untuk memainkannya. Apakah Ramon sanggup mengalahkan mereka? Saksikan "Kampung Main" episode "Main-main di Kuntap", pada Sabtu (23/2/2012) pukul 10.00 WIB hanya di Kompas TV. (Kompas TV/Fauziyah)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.