Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Destinasi Indonesia Bernuansa Oriental

Kompas.com - 24/02/2013, 21:48 WIB

SUASANA Imlek tidak seketika berakhir setelah tanggal 10 Februari. Perayaan Tahun Baru China yang jatuh di hari Minggu membuat beberapa dari kita tidak sempat seru-seruan dengan keluarga atau teman di tempat yang berkesan.

Padahal momen Imlek adalah sebuah peristiwa budaya yang kemeriahannya memberikan warna tersendiri, bahkan bagi Anda yang tidak merayakan. Setelah Imlek, masih ada perayaan Cap Go Meh yang jatuh pada hari ini, Minggu (24/2/2013).

Tahukah Anda bahwa Indonesia menyimpan destinasi-destinasi bernuansa oriental yang unik? Dahulu, tradisi Indonesia berasimilasi dengan pengaruh China yang dibawa oleh pendatang sehingga menghasilkan budaya unik Tionghoa khas nusantara.

Ingin terpesona dengan budaya peranakan China? Sebuah online travel expert bernama Valadoo.com menyediakan paket-paket liburan bernuansa oriental khusus untuk Anda.

“Indonesia adalah tempat dimana tradisi pribumi berasimilasi dengan budaya pendatang. Salah satu asimilasi tersebut kemudian menciptakan wajah baru masyarakat Tionghoa khas nusantara. Keunikan ini menjadikan wisata budaya etnis China di Indonesia sangat layak untuk dijelajahi bersama Valadoo," kata Co-Founder & Chief Executive Officer of Valadoo.com, Jaka Wiradisuria.

Anda bisa simak ide-ide destinasi yang kental dengan budaya China. Tidak perlu datang langsung ke China, karena di Indonesia pun Anda dapat merasakan “Local Chinese Experience”.

Pulau Bangka

Penjelajahan oriental kali ini dimulai dari Pulau Bangka. Di sini, kebudayaan China yang sangat mengakar dapat dilihat dari arsitektur bangunan serta tradisi-tradisi yang dipraktikkan oleh masyarakat setempat.

Di Desa Gedong, Anda dapat melihat rumah-rumah yang sudah berusia sangat tua dan pelatarannya dihiasi altar tempat pemujaan. Desa ini juga terkenal dengan kerupuk kemplang buatan tangan yang renyah.

Di Bangka, terdapat Museum Timah untuk napak tilas industri pertambangan timah di pulau ini. Jangan lupa berkunjung ke ikon Bangka Belitung yaitu Jembatan Baturusa, klenteng China Kuno dan Regency Complex Sungailiat.

Ingin melihat culinary heritage Bangka? Kunjungi Warung Kopi Tung Tau yang merupakan pelopor kedai kopi yang kini telah menjamur di Bangka. Selain roti panggang telurnya yang khas, makanan berat juga tersedia di kedai yang telah berdiri sejak tahun 1938 ini.

Pulau Bintan

Pengalaman merasakan budaya China juga dapat Anda rasakan di Pulau Bintan. Walaupun Melayu merupakan budaya yang mendominasi, etnis China menciptakan warna tersendiri di wajah wisata Pulau Bintan.

Sedikit menyeberang dari Pulau Bintan, terdapat kampung adat China di Pulau Senggarang. Anda akan terpukau dengan kehidupan perkampungan adat China yang sudah ada sejak beratus-ratus tahun lamanya. Kelenteng Tien Shang Miao adalah atraksi wisata utama karena bangunannya yang terlilit akar pohon beringin.

Bogor

Ingin mencoba sensasi oriental yang berbeda bersama keluarga? Cobalah menginap di Highland Resort yang ada di Bogor. Memang, tak sepenuhnya kental budaya China, namun ada nuansa Mongolia saat menginap di tempat ini.

Anda akan bermalam di tenda ala Mongolia dengan pelayanan bintang lima. Tidak hanya bermalam di tenda, Anda juga dapat trekking di air terjun Curug Nangka. Cocok untuk liburan seru bersama keluarga!

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com