Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

18 Kota Ikut Meramaikan Festival Legu Gam

Kompas.com - 25/02/2013, 11:32 WIB

TERNATE, KOMPAS.com — Sebanyak 18 kota di Indonesia yang tergabung dalam Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Wilayah VI akan ikut meramaikan Festival Legu Gam yang digelar Kesultanan Ternate, di Ternate, Maluku Utara tanggal 1 hingga 14 April 2013.

Ketua Panitia Festival Legu Gam, Arifin Djafar, di Ternate, Minggu (23/2/2013), mengatakan keikutsertaan 18 kota yang tergabung dalam Apeksi Wilayah VI pada Festival Legu Gam tersebut merupakan hasil kerja sama antara Apeksi Wilayah VI dengan Pemkot Ternate.

Festival Legu Gam merupakan kegiatan tahunan Kesultanan Ternate untuk merayakan ulang tahun Sultan Ternate Mudhafar Sjah. Kegiatan ini telah masuk dalam kalender tahunan kegiatan wisata Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Arifin mengatakan 18 kota tersebut, pada Festival Legu Gam, akan mempromosikan potensi pariwisata dan investasi di daerah masing-masing dengan harapan wisatawan dan investor yang hadir di Festival Legu Gam akan tertarik pula ke daerah mereka.

Khusus untuk Kota Ternate, pada Festival Legu Gam tersebut, selain akan mempromosikan potensi pariwisata dan investasi, juga akan memperkenalkan kekhasan kulinernya melalui kegiatan pameran kuliner tradisional Ternate.

Arifin yang juga Wakil Wali Kota Ternate itu mengatakan, Festival Legu Gam akan menampilkan berbagai kegiatan menarik, seperti pertunjukan budaya dan kesenian tradisional Kesultanan Ternate, serta kesultanan lainnya di Malut.

Salah satu budaya Kesultanan Ternate yang akan disuguhkan pada festival tersebut adalah ritual adat perayaan ulang tahun Sultan Ternate Mudhafar Sjah, yang akan dipusatkan di Kedaton Kesultanan Ternate dengan melibatkan ribuan masyarakat adat setempat.

Selain itu, menurut Arifin, pada festival tersebut akan digelar pula kegiatan karnaval budaya, pameran, dan seminar nasional tentang budaya, serta Expo Malut untuk mempromosikan potensi pariwisata dan investasi di daerah ini.

Sejumlah Duta Besar Negara sahabat, sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Bersatu, serta tokoh nasional, termasuk ribuan wisatawan dari dalam dan luar negeri, akan hadir pada Festival Legu Gam tersebut.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com