Kompas.com - 25/02/2013, 20:30 WIB
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Ada saat dimana kita merasa ingin lepas dari kepenatan dan hiruk-pikuk perkotaan. Apabila saat-saat seperti itu datang maka pergi berlibur ke tempat yang masih terbilang perawan atau alami adalah keputusan yang dapat Anda lakukan kali ini.

Nah, Pulau Kadidiri dapat menjadi pilihannya! Di pulau nan elok ini Anda dapat menikmati keindahan taman bawah laut dengan terumbu karang alami. Pesisir pantainya digunduki hamparan pasir putih bersih berkilauan. Lebih jauh ke dalamnya ada hutan yang diperkaya beragam flora dan fauna dan tak kalah memukau.

Pulau Kadidiri adalah salah satu tujuan wisata utama di Taman Nasional Kepulauan Togean dan masuk di dalam kawasannya. Pulau ini disebut-sebut sebagai pulau perawan tersembunyi dengan keindahan yang akan menyegarkan jiwa dan pikiran Anda selepas menyambanginya.

Secara administratif Pulau Kadidiri termasuk dalam kawasan Kota Ampana, Kabupaten Tojo Una-Una, Provinsi Sulawesi Tengah. Pulau terpencil ini berjarak tempuh sekitar 3-6 jam perjalanan dengan kapal laut dari Kota Ampana menuju Wakai kemudian dilanjutkan sekitar 30 menit untuk tiba di Pulau Kadidiri. Keindahan yang bebas polusi dan pesona eksotis yang masih alami dari pulau ini menjadikannya sebagai tujuan wisata utama di kawasan tersebut.

Dengan lokasi yang agak jauh dari pusat aktivitas masyarakat, pulau yang awalnya tidak berpenghuni ini kurang populer di kalangan wisatawan domestik. Akan tetapi, pesona dan kecantikannya telah menarik wisatawan asing untuk bertandang. Bahkan ada wisatawan asing yang sudah menetap di pulau ini belasan tahun dengan bekerja sebagai divemaster.

Daya tarik Pulau Kadidiri juga telah mengundang pihak investor untuk mendirikan cottage di Pulau Kadidiri. Ada tiga cottage di pulau ini yang dapat dipilih sesuai dengan budget Anda, dua di antaranya dikelola oleh pihak asing, yaitu Kadidiri Paradise (mewah) dan Black Marlin (menengah).

Selain dua cottage tersebut, tidak ada lagi akomodasi lain yang dapat Anda temukan di pulau ini, bahkan tidak pula sumber air tawar. Oleh karenanya, untuk memenuhi kebutuhan lainnya, sebaiknya Anda siapkan saat berada di Ampana atau Wakai, seperti untuk kebutuhan akan makanan ringan, air, uang tunai, dan lainnya. Akan tetapi, selain memenuhi kebutuhan penginapan, cottage tersebut juga menjual snack, menyediakan makanan 3 kali sehari bagi tamu, juga menyewakan perlengkapan yang dibutuhkan untuk penyelaman.

Saat Anda menginjakkan kaki di pulau ini maka kemungkinan besar saat itu pulalah Anda untuk sementara seakan tidak terhubung dengan peradaban. Hal ini dikarenakan selain sumber air tawar, sinyal ponsel pun terbilang hal yang susah didapatkan.

Berkeliling

Mengelilingi area Pulau Kadidiri dan sekitarnya, sebaiknya menyewa speedboat yang akan mengantar ke titik-titik penyelaman. Tarif sewa speedboat berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per hari. Setibanya di titik-titik tersebut, berenang, snorkeling, atau diving tentu merupakan cara yang paling tepat untuk merekam eksotisme bawah laut Togean, khususnya daerah sekitar Pulau Kadidiri.

Untuk menjelajahi hutan, trekking atau berjalan kaki tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan. Kegiatan ini tidak akan membosankan mengingat hutannya kaya beragam flora dan fauna.

Jangan lupa arahkan pandang Anda sesekali ke atas pepohonan karena di tempat ini ada banyak jenis burung eksotis. Pastikan kamera siap sedia tentunya untuk mengabadikan kecantikan penghuni hutan tropis Sulawesi yang tiba-tiba muncul di hadapan mata.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.