Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inikah Kamar Hotel Masa Depan?

Kompas.com - 26/02/2013, 20:07 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F

Penulis

KOMPAS.com – Cek status penerbangan Anda di lantai. Atau, sentuh layar transparan untuk membuka kloset. Jentikan jari untuk merubah dekorasi dinding.

Sebuah presentasi dari SerranoBrothers Design Studio yang bermarkas di Spanyol menampilkan cuplikan seperti apa kira-kira kamar hotel di masa depan.

Sebuah gambaran yang tampak hanya dalam mimpi. Namun, para pedesain menyebutkan visi mengenai kamar hotel di masa depan itu tidaklah jauh dari kenyataan.

Bersama-sama dengan Instituto Tecnológico Hotelero (ITH) yang sama-sama dari Spanyol, SerranoBrothers mempresentasikan desain futuristik kamar hotel tersebut yang bertajuk “The ITH Room Xperience” saat Spain's International Tourism Fair (FITUR) pada bulan Januari lalu.

Desain kamar menitikberatkan pada sisi interaktif dan fleksibel dari tiap dekorasi dan ruangan. Bahkan lantai pun dibuat interaktif.

“Kami memilih sebuah kamar dengan kemampuan untuk mengubah dirinya sendiri sesuai dengan kebutuhan tamu dan pengalaman yang tamu harapkan,” ungkap Diego Serrano, salah satu pendiri SerranoBrothers Design Studio.

“Hal itu menjadi tantangan tersendiri, bahwa teknologi harus mampu membuat sebuah ruangan untuk beradaptasi pada situasi yang berbeda, peran, waktu, bahkan sampai suasana hati tamunya,” tambah Serrano.

Beberapa yang menarik perhatian adalah kemampuan dinding untuk berubah sesuai dengan permintaan dari penggunanya. Jendela yang didesain seperti mata, kain penutup jendela akan terbuka seperti kelopak mata.

“Jendela dibuat dari penutup kain yang dibentangkan. Dari sensor atau remote control, yang mengendalikan dinding untuk membuka akses seperti lemari dan toilet, mini-bar, dan jendela,” tutur Serrano.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com