Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Yudhoyono Apresiasi Penyelenggaraan ITB Berlin

Kompas.com - 05/03/2013, 08:53 WIB

BERLIN, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengharapkan keikutsertaan Indonesia menjadi penyelenggara bersama International Tourismus Borse (ITB) di Berlin dengan pemerintah Jerman bisa mendorong peningkatan industri pariwisata dalam negeri.

"Saya bangga bahwa tahun ini Indonesia menjadi partner penyelenggaraan ekshibisi pariwisata yang sangat prestisius ini," kata Presiden saat menyampaikan sambutan dalam forum pertemuan pengusaha Jerman di Berlin, Senin (4/3/2013) siang waktu setempat.

Presiden berharap dengan ditampilkannya sejumlah potensi pariwisata Indonesia, kalangan bisnis dan masyarakat Jerman semakin mengetahui peluang dan pariwisata di Indonesia. "Pada bulan April mendatang, Indonesia juga akan menjadi partner penyelenggaraan ekshibisi infrastruktur dan konstruksi BAUMA yang akan diselenggarakan di Munich," kata Presiden.

Kepala Negara mengatakan, kerangka kerja sama Deklarasi Jakarta yang telah disepakati Pemerintah Indonesia dan Jerman beberapa waktu lalu menjadi landasan sejumlah kerja sama di berbagai bidang antara kedua negara.

Presiden memaparkan, pengusaha Jerman telah memiliki hubungan ekonomi dengan Indonesia sejak lama. Di contohkannya, perusahaan Siemens telah ikut membantu pembangunan komunikasi di Indonesia sejak masa sebelum kemerdekaan RI di bidang telegraf. "Kantor pertamanya di buka di Surabaya pada 1909," kata Presiden.

Presiden Yudhoyono dijadwalkan membuka ITB Berlin 2013 bersama Kanselir Jerman Angela Merkel pada Selasa (5/3/2013) ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com