Kompas.com - 05/03/2013, 08:53 WIB
EditorI Made Asdhiana

BERLIN, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengharapkan keikutsertaan Indonesia menjadi penyelenggara bersama International Tourismus Borse (ITB) di Berlin dengan pemerintah Jerman bisa mendorong peningkatan industri pariwisata dalam negeri.

"Saya bangga bahwa tahun ini Indonesia menjadi partner penyelenggaraan ekshibisi pariwisata yang sangat prestisius ini," kata Presiden saat menyampaikan sambutan dalam forum pertemuan pengusaha Jerman di Berlin, Senin (4/3/2013) siang waktu setempat.

Presiden berharap dengan ditampilkannya sejumlah potensi pariwisata Indonesia, kalangan bisnis dan masyarakat Jerman semakin mengetahui peluang dan pariwisata di Indonesia. "Pada bulan April mendatang, Indonesia juga akan menjadi partner penyelenggaraan ekshibisi infrastruktur dan konstruksi BAUMA yang akan diselenggarakan di Munich," kata Presiden.

Kepala Negara mengatakan, kerangka kerja sama Deklarasi Jakarta yang telah disepakati Pemerintah Indonesia dan Jerman beberapa waktu lalu menjadi landasan sejumlah kerja sama di berbagai bidang antara kedua negara.

Presiden memaparkan, pengusaha Jerman telah memiliki hubungan ekonomi dengan Indonesia sejak lama. Di contohkannya, perusahaan Siemens telah ikut membantu pembangunan komunikasi di Indonesia sejak masa sebelum kemerdekaan RI di bidang telegraf. "Kantor pertamanya di buka di Surabaya pada 1909," kata Presiden.

Presiden Yudhoyono dijadwalkan membuka ITB Berlin 2013 bersama Kanselir Jerman Angela Merkel pada Selasa (5/3/2013) ini.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.