Pendatang Pilih di Hotel

Kompas.com - 06/03/2013, 03:17 WIB
Editor

Denpasar, Kompas - Menjelang hari raya Nyepi di Bali pada Selasa (12/3), sejumlah hotel seperti di kawasan Kuta dan Jimbaran ramai diminati bukan hanya wisatawan asing ataupun domestik, melainkan juga warga lokal di Bali. Pengunjung terutama pendatang yang beragama non-Hindu. Alasannya, mereka ingin merasakan suasana yang berbeda jika tinggal di hotel bintang lima saat Nyepi tersebut.

Senior Manager Marketing Grand Istana Rama Bianca Rosetta, Selasa (5/3), mengatakan, pemesanan kamar oleh warga lokal pendatang sudah dilakukan sejak sebulan lalu.

”Hingga kini kamar-kamar hampir penuh terisi, terutama menjelang Nyepi,” ujarnya.

Menurut Bianca, Nyepi bagi industri pariwisata di Bali merupakan salah satu bagian yang dijual sebagai keunikan adat Bali.

Biasanya suasana pada hari raya Nyepi di hotel tak jauh berbeda dengan di permukiman. Hanya bedanya, apabila tinggal di hotel, warga tidak perlu repot-repot mengurus makan dan segalanya meskipun tetap ada keterbatasan-keterbatasan seperti penerangan dan aktivitas.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi Bali menjelang Nyepi juga menutup seluruh pintu masuk ataupun keluar Pulau Bali selama 24 jam mulai pukul 06.00 Wita hingga esoknya pukul 06.00 Wita. Aktivitas pertokoan serta sarana hiburan hingga siaran televisi juga dihentikan sementara.

General Manager Pelindo III Benoa Iwan Sabatini mengemukakan, meskipun pintu masuk dan keluar Bali ditutup, Nyepi tetap berjalan lancar.

”Sehari sebelum hari raya Nyepi biasanya tidak ada lagi kapal yang berlabuh. Pengelolanya sudah mengerti,” ungkap Iwan. (ays)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.