Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aceh Diminta Tingkatkan Promosi Pariwisata

Kompas.com - 06/03/2013, 10:36 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASPPI) Provinsi Aceh meminta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di daerah tersebut untuk meningkatkan promosi pariwisata, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

"Promosi kawasan wisata merupakan salah satu upaya menarik pelancong dari berbagai penjuru untuk datang ke Aceh dan dengan kehadiran para tamu akan memberi dampak positif kepada semua sektor," kata Sekretaris ASPPI Provinsi Aceh, Umar di Banda Aceh, Selasa (5/3/2013).

Umar mengatakan Pemerintah Aceh dan kabupaten/kota juga harus menata dan mendata seluruh daerah destinasi sehingga para pelancong mengetahui berbagai kawasan wisata di provinsi ujung paling barat Indonesia itu.

"Artinya, pelancong yang datang ke Aceh tinggal memilih kawasan wisata mana yang akan dikunjungi dan ini juga akan menjadi pemikat bagi tamu asing lainnya untuk menikmati seluruh daerah wisata di provinsi ini," katanya.

Menurut Umar, Pemerintah Aceh juga harus mensinergikan berbagai progam wisata dengan semua stakeholder termasuk agen travel, asosiasi, pemerhati wisata dalam mendesain berbagai paket wisata.

"Pengemasan produk wisata dalam mempromosikan Aceh  kepada masyarakat luas akan mampu menarik perhatian tamu-tamu asing untuk menikmati indahnya panorama alam yang tersebar di seluruh kawasan di provinsi ini," katanya.

Adapun paket wisata yang dapat dikemas untuk pelancong dalam dan luar negeri seperti fam trip, event kepariwisataan dan travel mart serta roadshow.

"Pemerintah bersama pelaku pariwisata juga dapat mengemas paket wisata sesuai dengan kultur daerah yang ada di Aceh dan ini akan menjadi salah satu daya pikat bagi tamu asing dan nusantara untuk datang ke provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa ini," kata Umar yang juga Manajer Graha Menara Travel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com