Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelesir Sendirian? Ini Tipsnya...

Kompas.com - 07/03/2013, 14:00 WIB
Fitri Prawitasari

Penulis

KOMPAS.com - Berwisata seorang diri alias solo traveler, tentu saja sensasi yang didapat berbeda ketimbang berwisata bersama banyak orang. Tak heran jika solo traveler dituntut untuk mempunyai persiapan ekstra. Coba perhatikan hal berikut agar perjalanan Anda seorang diri terasa aman dan nyaman.

Paspor dan Visa
Jika Anda berniat untuk traveling lintas negara, cek kembali kelengkapan dokumen yang Anda miliki seperti paspor dan visa. Perhatikan pula apakah paspor yang Anda miliki masih dalam masa berlaku. Jika masa berlaku sudah lewat, ajukan permohonan paspor baru jauh hari sebelum Anda merencanakan untuk berpergian. Perhatikan pula visa yang dimiliki apakah telah tepat ke negara yang dituju.

Kota Tujuan
Pelajari tentang kota tempat Anda berlibur, budaya masyarakat, bagaimana penduduk setempat memperlakukan kehadiran orang asing, dan segala kemungkinan yang dapat terjadi di sana. Anda bisa mendapatkan informasi dari situs resmi pemerintahan kota setempat, blog traveler yang membahas tentang lokasi tersebut, teman maupun keluarga yang pernah berkunjung kesana sebelumnya.

Tinggalkan Pesan Sebelum Berangkat
Sebelum memutuskan melakukan perjalanan wisata, mungkin ada baiknya Anda menginformasikan tentang perjalanan Anda kepada orang-orang terdekat, bisa keluarga atau teman.

Beritahukan kepada mereka tempat-tempat yang mungkin Anda kunjungi, di mana Anda akan menginap. Informasikan juga transportasi yang Anda gunakan menuju ke sana, seperti jadwal penerbangan jika menggunakan pesawat, jadwal pemberangkatan kereta jika menggunakan transportasi kereta api, atau nama dan tujuan bus jika Anda memilih menggunakan transportasi bus antar kota.

Kesehatan
Pastikan Anda memiliki asuransi kesehatan yang memadai selama dalam perjalanan. Jika Anda sedang mengidap penyakit tertentu atau dalam kondisi yang mungkin riskan seperti saat hamil, sebelum  berangkat disarankan untuk memeriksakan kesehatan ke dokter serta jangan lupa untuk membawa obat-obatan selama perjalanan.

Keselamatan dan Keamanan
Selalu waspada terhadap lingkungan di sekitar Anda. Simpan nomor-nomor penting seperti instansi kepolisian pada telepon genggam Anda jika suatu saat terjadi hal-hal yang mendesak. Saat dalam perjalanan Anda merasa sedang diikuti seseorang, belokkan kaki Anda ke tempat-tempat yang ramai seperti toko dan pasar.

Meski berwisata seorang diri, tampilkan kepercayaan diri, jangan terlihat seperti orang bingung yang justru mengundang potensi bahaya. Bisa juga mempertimbangkan untuk menggunakan cincin kawin untuk menghindari gangguan sebagian orang yang mungkin ditemui di jalan.

Penginapan
Sebelum memutuskan untuk menginap, pilih penginapan dengan lingkungan yang cukup aman dan mudah dijangkau transportasi umum. Saat meninggalkan kamar tempat Anda menginap untuk mulai menjelajah kota tempat liburan, pastikan kamar yang ditinggal dalam keadaan terkunci rapat, baik jendela maupun pintu kamar. Jangan segan unntuk menelepon petugas jika Anda merasakan gangguan saat menginap.

Pakaian
Seringkali pakaian sehari-hari yang anda kenakan tak sesuai dengan budaya di kota lain. Maka saat Anda berlibur, perhatikan pula gaya berpakaian Anda. Jangan buat diri Anda terlalu mencolok berbeda dengan masyarakat sekitar. Perhatikan pula perhiasan-perhiasan yang dipakai, bila terlalu berlebihan, jangan sertakan dalam perjalanan Anda.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com