Annette Promosikan Danau Toba di Berlin

Kompas.com - 09/03/2013, 14:52 WIB
EditorI Made Asdhiana

BERLIN, KOMPAS.com - Pelaku pariwisata dan pegiat pelestarian Danau Toba, Annette Horschmann mempromosikan Danau Toba dan keindahan alamnya di Pameran Pariwisata Internasional (ITB) Berlin 2013, dengan mempertontonkan video klip dan foto-foto Danau Toba.

Annette yang merupakan wanita asal Jerman itu menjelaskan bahwa dirinya hadir di ITB Berlin dengan usaha sendiri, dengan maksud mempromosikan pariwisata Danau Toba.

"Tanpa harus mengeluh karena tidak ada dukungan dari pihak lain, saya hadir di ITB Berlin untuk menarik perhatian warga Jerman ke Danau Toba. Saya sangat yakin, banyak warga Jerman yang berminat datang ke Danau Toba," kata Annette di Berlin, Jerman, Jumat (8/3/2013).

Ia mengaku baru bisa tampil di salah satu stan (booth) Indonesia mulai tanggal 9 Maret, karena ada sebagian peserta ITB Berlin yang sudah pulang sejak 9 Maret 2013. "Ada sahabat yang memberi saya peluang untuk mempresentasikan sejumlah foto dan video klip mengenai Danau Toba yang saya miliki," katanya.

Di paviliun Indonesia itu, Annette akan menampilkan foto dan video klip dalam sebuah layar TV secara interaktif.

Di sisi lain, Annette mengatakan dirinya merasa kecewa karena tidak menemukan poster, flyer atau banner mengenai pariwisata Danau Toba di ITB Berlin, padahal Danau Toba adalah satu destinasi penting yang dipromosikan di Jerman, selain Bali dan puluhan destinasi lain.

"Gambar-gambar mengenai Borobudur, Batik, Keris, Bali, dan lain-lain, banyak ditampilkan di berbagai hall di ITB Berlin, dan juga di area publik di Berlin. Tetapi mengenai Danau Toba, pamflet atau booklet saja tidak ada," katanya.

Namun Annette tetap berpikir positif dan memanfaatkan peluang. Dia akan memanfaatkan dua hari terakhir pelaksanaan ITB Berlin, yakni 9-10 Maret 2013 untuk tampil dan memikat para pelaku bisnis dan masyarakat yang mendatangi paviliun Indonesia. "Mudah-mudahan bermanfaat. Upaya ini bukan untuk saya, tetapi untuk bisnis pariwisata Danau Toba," katanya.

Annette Horschmann adalah gadis Jerman yang menikah dengan pemuda Batak, Anthony Silalahi, dan saat ini mereka tinggal di Tuk Tuk, Pulau Samosir, Danau Toba, Sumatera Utara. Ia telah diangkat menjadi orang Batak dengan marga Siallagan. Ia memiliki tiga anak, yang tertua sekolah SMA di Medan. Mereka menjalankan bisnis penginapan dan restoran, Tabo Cottage.

Ikuti Twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X