Kompas.com - 13/03/2013, 14:31 WIB
EditorI Made Asdhiana

BERLIN, KOMPAS.com - Direktur Promosi Luar Negeri Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Nia Niscaya menyatakan Indonesia berhasil mendapatkan pasar besar dalam Pameran Pariwisata Internasional (ITB) di Berlin, Jerman, yang berlangsung 5-10 Maret 2013.

"Industri pariwisata Indonesia mendapat ’new account’ atau pasar besar dalam penyelenggaraan pameran pariwisata yang terbesar di dunia," kata Nia Niscaya kepada Antara London, Selasa (12/3/2013) usai penutupan pameran pariwisata yang diikuti 10.000 peserta dari 188 negara.

Menurut Nia, pasar besar pariwisata itulah yang menjadi capaian besar Indonesia dalam keikutsertaan pada ITB Berlin tahun 2013. Indonesia menjadi negara mitra resmi kegiatan ITB 2013 tersebut.

Nia mengatakan selama ini pemerintah kerap melakukan promosi destinasi wisata Indonesia secara beragam, namun paket-paket pariwisata Indonesia yang dijual di luar negeri oleh para penyelenggaraan wisata internasional belumlah cukup memadai.

"Dengan partisipasi Indonesia dalam ITB Berlin 2013 ini, para tour operator besar telah percaya diri dan bersedia menjual destinasi wisata Indonesia kepada para pelanggan setia mereka," kata Nia.

Selain itu kalangan industri pariwisata Indonesia yang tergabung dalam Paviliun Indonesia terlihat lebih percaya diri menjual obyek wisata Indonesia. Banyak media menyoroti positif Indonesia sebagai kekuatan besar baru pariwisata di Asia.

Nia mengatakan secara keseluruhan penampilan Indonesia sebagai negara mitra resmi penyelenggaraan ITB Berlin sangat berhasil dan mendapat banyak pujian. Selain itu citra pariwisata Indonesia semakin meningkat dan berhasil memenangkan kepercayaan dari tur operator kelas dunia seperti Thomas Cook dan TUI untuk memasukkan berbagai destinasi dalam paket-paket wisata yang mereka jual baik di Jerman maupun di Eropa.

"New account ini akan terus diusahakan untuk ditingkatkan dengan penataan berbagai destinasi Indonesia yang tergabung dalam 16 tujuan utama wisata dan tujuh minat khusus," ujarnya.

Paviliun Indonesia dengan tema "Wonderful Indonesia" berhasil menjadi juara kedua paviliun terbaik untuk wilayah Asia, Australia dan Oceania. "Mau tidak mau kita harus tetap mempertahankannya," ujarnya.

Selain itu para pelaku industri pariwisata Indonesia juga mendapatkan nama dengan ditunjuknya Indonesia sebagai mitra resmi penyelenggaraan ITB Berlin yang sudah diikuti oleh Indonesia  selama 45 kali.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.