Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Wisata Dieng Aman Dikunjungi

Kompas.com - 14/03/2013, 12:22 WIB
Gregorius Magnus Finesso

Penulis

BANJARNEGARA, KOMPAS.com — Peningkatan status kegunungapian Kawah Timbang, di Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, tidak akan mengganggu aktivitas pariwisata di kompleks Candi Dieng. Jarak antara kawah Timbang ke lokasi wisata sejauh 19 kilometer.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Kabupaten Banjarnegara Aziz Achmad, Kamis (14/3/2013), mengatakan, Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng aman dikunjungi wisatawan. "Saya berharap calon wisatawan atau biro perjalanan wisata tidak salah menafsirkan peningkatan status. Begitu pula dengan media massa," jelasnya.

Dia menegaskan, peningkatan status hanya terjadi pada Kawah Timbang sedangkan Dataran Tinggi Dieng yang selama ini menjadi kawasan wisata, yakni kompleks Candi Arjuna, terletak sangat jauh dari lokasi kawah.

Aziz mengaku khawatir kunjungan wisatawan ke Dieng menurun seperti pernah terjadi saat status Kawah Timbang meningkat hingga Siaga pada 2011 silam. Saat itu, sejumlah media salah memberitakan bahwa peningkatan status terjadi di Gunung Dieng.

"Padahal, Dieng itu sangat luas, sedangkan Kawah Timbang terletak di Dusun Simbar, Desa Sumberejo, Kecamatan Batur, yang bukan merupakan kawasan wisata," jelasnya.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), berdasarkan pengukuran konsentrasi gas karbondioksida (CO2) Kawah Timbang yang meningkat hingga di atas normal, menaikkan statusnya dari normal menjadi waspada. Hingga Kamis, aliran gas masih terjadi dengan jarak aliran mencapai 150 meter. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com