Kompas.com - 18/03/2013, 15:32 WIB
Editorkadek

KOMPAS.com – Jika Anda penggemar pantai dan biru laut, berenang dan snorkling adalah hobi Anda. Belitung menjadi destinasi wisata yang tepat. Atau, Anda sekedar penggemar kopi, maka Belitung dengan Kota Manggar yang dikenal dengan kota seribu warung kopi, pun cocok untuk Anda.

Saat berwisata di Belitung lebih seru jika dilakukan dalam rombongan. Ya, ada keasyikan tersendiri saat pelesir di Belitung secara ramai-ramai. Oleh karena itu, ajaklah teman atau kerabat dalam trip Anda kali ini.

Jadi, berapa biaya yang diperlukan untuk berwisata di Belitung pada akhir pekan? Jika Anda dari Jakarta sebagai ibu kota negara, maka perkiraan total biaya adalah sekitar Rp 1,4 juta per orang untuk rombongan sekitar 6 orang.

Perhitungan ini untuk wisata tiga hari dua malam atau kira-kira menghabiskan waktu akhir pekan di Belitung. Biaya tersebut sudah termasuk tiket pesawat Jakarta-Belitung (pulang-pergi), penginapan, sewa mobil, dan sewa perahu.

Biaya tersebut belum termasuk makan, aktivitas wisata seperti tiket masuk museum atau snorkling, oleh-oleh, dan pengeluaran pribadi lainnya. Perkiraan biaya tersebut juga berdasarkan wisata dengan cara nyaman untuk keluarga. Jika wisata ala backpacker, maka biaya yang dikeluarkan akan lebih murah lagi.

Sebab, misalnya seperti penginapan, penginapan murah kelas backpacker di Belitung bisa didapat dengan tarif di bawah Rp 100.000 per malam. Sewa motor di Belitung cocok untuk backpacker dengan tarif sewa motor sekitar Rp 40.000 per hari.

Tiket pesawat Jakarta-Belitung di kisaran Rp 800.000 (pulang pergi) per orang. Jadi, untuk tiket pesawat enam orang, perlu biaya sebesar Rp 4.800.000. Biaya tersebut belum termasuk airport tax. Maskapai yang menyediakan rute Jakarta-Belitung adalah Sriwijaya Air.

Sementara untuk akomodasi, hotel di Belitung lumayan beragam, mulai dari kelas melati hingga resor. Anda bisa mencari hotel di kota Tanjung Pandan. Pilih saja hotel bintang dua, di kisaran Rp 300.000 per malam.

Misalnya seperti di hotel Harlika Jaya dan hotel Martani. Setiap kamar bisa untuk dua orang dan sudah termasuk sarapan. Untuk enam orang diperlukan tiga kamar hotel. Sehingga total biaya penginapan untuk enam orang selama dua malam adalah Rp 1.800.000.

Sewa mobil tipe Avanza per hari di kisaran Rp 350.000 sudah dengan supir namun belum termasuk bensin. Jika dihitung sehari menghabiskan bensin sekitar Rp 100.000, maka total biaya sewa mobil termasuk bensin dan supir untuk tiga hari adalah Rp 1.350.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.