Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Palangkaraya Mulai Jadi Incaran Turis

Kompas.com - 20/03/2013, 20:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kunjungan ke Pulau Kalimantan identik dengan perjalanan dinas dalam rangka bisnis. Banyaknya daerah tambang di pulau ini, mengakibatkan pulau tersebut dikunjungi para pelancong bisnis.

Hotel yang muncul di kota-kota besar di Kalimantan pun untuk memenuhi kebutuhan para pelancong bisnis. Namun, saat ini kondisi tersebut sudah mulai bergeser. Salah satunya Palangkaraya, ibu kota Kalimantan Tengah, yang mulai menjadi incaran turis sebagai destinasi wisata.

Seperti diungkapkan Hotel Manager Amaris Palangkaraya Buntaro B.R., sudah mulai banyak kunjungan ke Kalimantan khususnya Palangkaraya dalam rangka wisata.

"Ya, sudah mulai banyak menginap untuk pelesir. Bukan untuk bisnis. Tapi benar-benar datang untuk wisata. Banyak turis asing, domestik juga ada," tutur Buntaro saat ditemui dalam acara Santika Indonesia Gathering, Selasa (19/3/2013).

Amaris Hotel Palangkaraya sendiri berada di Palangkaraya, ibu kota Kalimantan Tengah, tepatnya berdekatan dengan Sungai Kahayan. Menurut Buntaro, sungai ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para turis yang datang ke Palangkaraya.

"Banyak yang datang untuk mencoba river cruise di Sungai Kahyangan. Sudah ada kapal yang dioperasikan dan dimiliki orang Indonesia. Selain juga ada yang punya orang asing," jelas Buntaro.

Buntaro juga menjelaskan kebudayaan Suku Dayak juga menjadi daya tarik wisata budaya. Kerajinan seperti gelang dari getah karet sampai baju dari kulit kayu, lanjutnya, menjadi benda-benda unik yang bisa menjadi potensi wisata kota ini.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com