Kompas.com - 23/03/2013, 09:33 WIB
EditorI Made Asdhiana

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Indonesia untuk Rusia dan Belarusia, Djauhari Oratmangun melakukan kunjungan kerja ke Pemerintah Kota Yogyakarta untuk memberikan tawaran peluang kerja sama antara sejumlah kota di Rusia dengan Kota Yogyakarta.

"Rusia sekarang adalah Rusia yang baru. Negara ini menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dan berada di posisi keenam atau ketujuh. Rusia juga tidak memiliki utang luar negeri serta negara yang terluas di dunia dan memiliki pengaruh politik yang besar," kata Djauhari usai bertemu Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti di Yogyakarta, Jumat (22/3/2013).

Menurut Djauhari, salah satu potensi Yogyakarta yang bisa ditawarkan ke Rusia adalah dari bidang pariwisata, terlebih belum lama ini di salah satu majalah pariwisata terkemuka di Rusia sudah diulas belasan halaman mengenai Yogyakarta.

Di majalah tersebut, salah satu petenis putri Rusia, Maria Sharapova tampil menjadi model dengan berlatar candi Buddha terbesar di Indonesia, Borobudur. "Tentunya, masyarakat Rusia akan mulai mengenal Yogyakarta. Karenanya, saya berharap ada kerja sama yang terjalin antara Yogyakarta dengan berbagai kota di Rusia," katanya.

Setelah pertemuan tersebut, duta besar Djauhari akan menindaklanjutinya dengan mengirimkan surat resmi ke Pemerintah Kota Yogyakarta tentang kerja sama antara Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Rusia dan Belarusia dengan Yogyakarta.

Wali Kota Yogyakarta, Haryadi Suyuti mengatakan, menyambut baik  peningkatan kerja sama yang ditawarkan KBRI di Rusia dan Belarusia tersebut. "Kota Yogyakarta harus terus berkembang, salah satunya adalah meningkatkan jaringan dengan kota-kota lain di seluruh dunia," kata Haryadi.

Peluang kerja sama tersebut, lanjut dia, akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kerja sama di bidang ekonomi, pendidikan, perdagangan dan juga pariwisata. "Tentunya kami juga berharap, tingkat kunjungan wisatawan asal Rusia ke Yogyakarta semakin meningkat," katanya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.