Kompas.com - 23/03/2013, 17:51 WIB
EditorI Made Asdhiana

MATARAM, KOMPAS.com - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) gencar mempromosikan potensi pariwisata unggulan di Daerah Istimewa Yogyakarta, agar semakin banyak wisatawan yang datang ke Pulau Lombok dan Sumbawa dari Yogyakarta.

"Promosi makin gencar, dan diharapkan wisatawan mancanegara dan domestik yang bepergian ke Yogyakarta, juga ke Lombok dan Sumbawa," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi NTB, H Lalu Gita Aryadi, di Mataram, Jumat (22/3/2013).

Gita mengatakan, pihaknya beserta Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB terus menjalin koordinasi dengan institusi terkait di Yogyakarta, guna mendapatkan informasi tentang momentum pariwisata.

Duta wisata dan tim promosi pariwisata NTB berupaya memanfaatkan berbagai momentum pariwisata di Yogyakarta untuk memperkenalkan obyek-obyek wisata yang ada di Pulau Lombok, dan Sumbawa, serta pulau-pulau kecil (gili).

Tampilan pesona Lombok-Sumbawa beserta berbagai atraksi kesenian dan kegiatan lainnya yang bernuansa wisata NTB di Yogyakarta, akan semakin mendorong wisatawan untuk kepergian ke NTB. "Acara fashion show yang menampilkan adat Sasak (Lombok), Samawa (Sumbawa) dan Mbojo (Bima), wisata kuliner dan even wisata lainnya di Yogyakarta juga diikuti tim promosi pariwisata NTB yang melibatkan putra daerah NTB yang sedang menekuni pendidikan di Yogyakarta," ujarnya.

Gita mengatakan, pihaknya bersama BPPD NTB tengah menyusun program "one day tour" ke Yogyakarta yang melibatkan pelajar yang ada di wilayah NTB. Program itu disesuaikan dengan rencana pembukaan rute baru penerbangan langsung Lombok-Yogyakarta yang akan direalisasikan maskapai penerbangan Lion Air.

"Begitu Lion Air buka rute baru Lombok-Yogyakarta, maka program itu direalisasi. Tim promosi pariwisata dari NTB, termasuk didalamnya duta wisata dari kalangan pelajar pergi mengunjungi obyek wisata andalan di Yogyakarta sambil menawarkan keindahan alam Lombok dan Sumbawa, lalu kembali ke Lombok menggunakan penerbangan malam," papar Gita.

Tim promosi pariwisata NTB itu juga mensosialisasikan kalender pariwisata NTB yang dimulai dengan perayaan Tahun Baru yakni penyediaan obyek wisata untuk perayaan malam pergantian tahun di berbagai lokasi unggulan, seperti Pantai Senggigi, tiga gili, air terjun Otak Kokoq, Pantai Kuta, Pantai Maluk dan obyek wisata lainnya.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.