Kompas.com - 26/03/2013, 12:16 WIB
EditorI Made Asdhiana

BANDA ACEH, KOMPAS.com — Potensi pariwisata Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh, dinilai belum digarap optimal guna menarik minat kunjungan wisatawan ke daerah kepulauan tersebut. "Simeulue memiliki banyak potensi wisata yang bernilai jual tetapi belum tergarap optimal untuk menarik kunjungan wisatawan," kata pemerhati parawisata Simuelue, Sarman Jayadi, yang dihubungi dari Banda Aceh, Senin (25/3/2013).

Simeulue yang berpenduduk sekitar 90.000 jiwa tersebut memiliki 15 pulau berpenghuni dan 27 pulau belum ditempati.

Sarman menjelaskan, ke 27 pulau yang belum berpenghuni tersebut memiliki potensi ekonomis dikembangkan sehingga dapat menjadi kawasan wisata alam yang menarik di masa mendatang.

"Pantai dan perairan laut di pulau-pulau di Simeulue itu memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang pernah ke daerah ini. Namun, semuanya itu akan berarti bagi pengembangan sektor pariwisata jika dilengkapi berbagai fasilitas pendukung," katanya.

Menurut Sarman, keindahan alam Simeulue yang eksotis itu akan bernilai jual jika pemerintah dan swasta berpertisipasi aktif membangunan berbagai fasilitas pendukung wisata di salah satu pulau terluar di Indonesia itu.

"Saya optimistis masa depan sektor wisata Simeulue akan membaik jika pemerintah dan swasta membangun infrastruktur yang dibutuhkan," katanya.

Transportasi udara untuk melayani masyarakat baru dirintis oleh satu penerbangan, yakni dari Bandara Polonia Medan-Sinabang (pulang-pergi). "Artinya, perlu juga dukungan pemerintah untuk mendatangkan penerbangan dari Banda Aceh-Sinabang pulang pergi setiap hari sehingga memastikan seluruh penumpang terangkat dari dan ke Sinabang," ujarnya.

Selain itu, angkutan barang dan penumpang dari daratan Aceh ke Sinabang bisa dilakukan dengan kapal feri dari Aceh Singkil dan Labuhan Haji (Aceh Selatan) dengan lama pelayaran 8 hingga 10 jam.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.