Kompas.com - 26/03/2013, 16:39 WIB
EditorI Made Asdhiana

TERNATE, KOMPAS.com — Kesultanan Tidore, Kota Tidore, Kepulauan Maluku Utara, akan menggelar kirab para Bobato untuk menyambut Hari Jadi Tidore (HJT) ke-905.

"Kami akan menggelar kirab para Bobato guna memperingati HJT ke-905 atau dikenal dengan Festival Tidore 2013 diawali dengan prosesi Dowaro yang dilaksanakan dari 31 Maret-12 April," kata Ketua Pantia HJT ke-905, Asrul Sani Solemen, di Ternate, Selasa (26/3/2013).

Ia menjelaskan, setelah prosesi Dowara yang merupakan ritual untuk mengawali setiap kegiatan adat, kegiatan HJT dilanjutkan dengan Kirab Agung Kesultanan Tidore pada 1 April 2013.

"Kirab Agung Kesultanan Tidore adalah kirab para Bobato dalam struktur pemerintahan Kesultanan Tidore yang terdiri dari para menteri dalam struktur organisasi adat pemerintahan Kesultanan Tidore," katanya.

Jumlah mereka lebih kurang 100 orang, sesuai dengan struktur para Bobato Sangaji se-gimalaha, Nyili Gam Tomdi, Nyili Gam Tufkange, Nyili Lofo-Lofo, dan Nyili Gulu-Gulu.

Rute kirab agung kesultanan dari Kadato Kie mengitari Limau Soasio, dan kembali ke Kadato.

Asrul, yang juga Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tidore Kepulauan itu, mengatakan, dalam rangka memeriahkan HJT ke-905 juga dilaksanakan karnaval budaya dengan melibatkan 35 perwakilan yang terdiri atas kelompok organisasi paguyuban, sanggar seni, dan kelurahan atau desa.

Mereka, katanya, akan menampilkan keragaman etnik, budaya daerah, dan nasional di Kota Tidore Kepulauan.

Pelaksanan kirab itu bersamaan waktunya dengan Kirab Agung Kesultanan Tidore, tetapi rute karnaval budaya dimulai dari Kadato Kie dan berakhir di Pasar Goto.

Menurut Asrul, sejumlah kegiatan yang disiapkan panitia untuk merayakan HJT ke-905 di antaranya Kota Ake Dango di Gurabunga yang diawali dengan prosesi Dowaro, Kirab Agung Kesultanan Tidore, Maku Tai Yau (Lomba Mancing Mania), Ratib Tajibesi (debus) di Kadaton Tidore, Ritual Lufu Kie, Malam Setanggi Timur (Kemenyan dari Timur), Kesenian Kabata digelar dalam bentuk perlombaan, danprosesi Paji Nyili-Nyili Ratib Tajibesi (Atraksi Debus, Batu, dan Jumbia) di Kadaton Tidore.

"Saya mengimbau masyarakat Kota Tidore Kepulauan, baik yang ada di daratan Pulau Tidore maupun yang ada di mana saja untuk turut berpartisipasi dan turut menyukseskan kegiatan Hari Jadi Tidore ini," kata Asrul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.