Kompas.com - 26/03/2013, 17:49 WIB
Editorkadek

MENJELAJAHI Indonesia tidak akan pernah ada habisnya. Dengan 13 ribu pulau tersebar di dalamnya, Indonesia memiliki banyak destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Program traveling "Explore Indonesia" yang tayang di Kompas TV, memilih 10 destinasi mengesankan. Daftar ini bisa menjadi referensi tujuan liburan Anda berikutnya.
 
Program "Explore Indonesia" dengan pembawa acaranya, Kamga, telah menjelajahi banyak wilayah di Indonesia, untuk mereguk keindahan alam, kekayaan budaya, jejak sejarah dan kehidupan masyarakatnya. Makin banyak menyinggahi pelosok-pelosok negeri, ternyata menyadarkan betapa begitu sedikit yang kita tahu tentang negeri sendiri.
 
“Sebelum ke luar negeri, alangkah baiknya jelajahi dulu negeri sendiri. Indonesia adalah kisah tentang negeri zamrud katulistiwa. Rayuan kecantikan yang pesonanya menggoda laksana surga,” kata Kamga.
 
Explore Indonesia akan menayangkan kembali beberapa destinasi dari episode-episode sebelumnya. Dari 10 destinasi terpilih, 5 destinasi bagian pertama akan tayang di program "Explore Indonesia" episode "Catatan Perjalanan Kamga bagian 1", di Kompas TV pada Selasa (26/3/2013), pukul 21.00 WIB. Berikut 5 destinasi tersebut:
 
Wae Rebo
 
Wae Rebo merupakan kampung adat tradisional  di Kabupaten Manggarai, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, yang berada di pegunungan di ketinggian 1200 mdpl. Trekking selama 4,5 jam menembus hutan belantara, menjadi tantangan tersendiri untuk mencapai Wae Rebo.

Rasa lelah mendaki pegunungan, bakal terbayar lunas ketika berhasil menginjakkan kaki di Wae Rebo. Daya tarik utamanya adalah 7 rumah adat berbentuk kerucut dan beratap ijuk serta ilalang, yang disebut Mbaru Niang.

Kampung Wae Rebo merupakan kampung kuno yang sudah dihuni 19 generasi. Sebagian besar warganya menggantungkan hidup dari berkebun kopi.

Untuk bisa bersekolah, anak-anak harus tinggal terpisah dengan keluarganya. Karena jarak tempuh yang jauh, mereka harus tinggal menumpang di keluarga lain di kampung bawah yang terdapat sekolahan.

Terpencil di balik pegunungan, denyut kehidupan Wae Rebo justru lebih banyak dikenal wisatawan mancanegara ketimbang turis lokal. Tahun 2012, sebanyak 330 turis berkunjung ke Wae Rebo, yang berasal dari 19 negara.
 
Di Wae Rebo, wisatawan bisa menginap di dalam rumah Niang dan meresapi kehidupan masyarakat yang sangat bersahaja.
 
Kampung Keling

                        
Memasuki Kampung Keling, di Kota Medan, Sumatera Utara, akan terasa sedang berada di "Little India". Menyusuri lorong kampung, sepanjang jalan bakal berjumpa paras-paras India, khususnya India Tamil.

Keberadaan komunitas India Tamil di Medan, merupakan bagian dari sejarah yang tidak bisa dilupakan begitu saja. Nenek moyang mereka dahulu bermigrasi dari Kota Madras, India Selatan, ke Medan. Karena berasal dari Madras, Kampung Keling juga dikenal dengan nama lain Kampung Madras.

Menurut tokoh masyarakat Kampung Keling, Narain Sami, migrasi terjadi mulai awal abad 17. Ketika zaman perdagangan rempah-rempah, banyak warga India Selatan menyeberang ke daerah-daerah tertentu, termasuk ke Medan. Mereka bekerja sebagai pekerja perkebunan. Kini generasi keturunan mereka telah melebur sebagai warga negara Indonesia.

Sebagian plang jalan di kawasan Kampung Keling, masih memakai nama-nama India, seperti Jalan Kalingga, Jalan Hindhu, dan Jalan Mahayana. Di kawasan ini juga berdiri kuil kuno bernama Kuil Shri Mariaman yang dibangun tahun 1884, dan masih menjadi menjadi pusat peribadatan umat Hindu.

Di dekat kuil, terdapat pusat jajanan kuliner, di Jalan Pagaruyung. Menu masakannya sebagian besar kuliner khas India yang bercita rasa rempah tajam, seperti nasi biryani, roti cane, martabak dan lainnya.
 
Pasar Bolu Toraja
 
Toraja identik dengan ritual kematian yang mewah. Bagian dari kemewahan itu adalah kewajiban menyediakan persembahan hewan kurban berupa tedong atau kerbau. Hewan yang akan menemani setiap arwah yang akan menjalani kehidupan kedua di dalam lain yang di disebut puya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.