Hmm, Sate Matang dengan Kuah Kambing

Kompas.com - 26/03/2013, 20:30 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com – Dari namanya, kuliner yang satu ini seakan menegaskan tingkat kematangannya. Namanya sate matang. Kata “matang” yang melekat sebenarnya menunjukkan daerah asal sate ini berasal.

Sebutan sate matang karena sate tersebut merupakan sate khas daerah Matang Glumpang Dua yang berada di Kabupaten Bireuen, Aceh. Ya, ini memang kuliner khas Aceh. Jika berkesempatan mampir ke Aceh, cobalah mencari sate matang sebagai salah satu buruan wisata kuliner Anda.

Daging yang digunakan adalah daging kambing. Sate yang disajikan layaknya sate kambing pada umumnya. Namun, keunikan dari sate matang adalah kuah yang dihidangkan sebagai pelengkap sate kambing.

Sate matang bisa dari daging sapi ataupun sate kambing. Di Lhokseumawe, Aceh, salah satu kedai sate matang yang terkenal adalah Warung Sate Matang di Krueng Geukueh. Di sini, sate kambing menjadi ciri khasnya.

Daging kambing dipotong dalam ukuran yang lumayan besar. Rendaman bumbu pemberi rasa kaya akan rempah-rempah dan ada sentuhan rasa legit.

Sebagai pelengkap adalah kuah kaldu kambing. Selintas seperti sop kambing. Rasanya seperti kuah sop namun kental rasa rempah layaknya kari. Dari aromanya pun sudah penggunaan semua rempah khas kuliner Aceh seperti kapulaga, bunga lawang, cengkeh, dan tentu saja merica yang banyak.

Sate matang tanpa semangkuk kuah kambing ibarat suami tanpa istri. Saus bumbu kacang tanpa kecap menambah rasa gurih sate matang yang sudah memiliki selintasan rasa manis. Namun, tanpa bumbu kacang pun, sate ini sudah begitu nikmat dimakan dengan kuah kambing.

Untuk minuman, pilihlah jus timun. Warung-warung di Lhokseumawe dan juga pada umumnya Aceh, selalu menyediakan jus timun dalam daftar menu mereka. Jus timun cocok sebagai teman makan sate kambing. Sebab, timun dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Ia bersifat penetralisir dari efek sate kambing. Namun, jika Anda bukan penggemar manis, jangan lupa untuk meminta jus timun dengan gula setengah. Kuliner Aceh identik dengan minuman manis.

Seperti pada umumnya rumah makan di Lhokseumawe, di bulan puasa, kedai ini baru buka setelah shalat tarawih. Untuk harga, satu porsi sate matang termasuk nasi, sop kambing, dan jus timun diberi harga Rp 30.000.

Jika uang pas-pasan, nikmati hidangan berbuka puasa sate matang di hari Jumat. Penduduk Lhokseumawe memiliki tradisi untuk menyantap kambing di hari Jumat, setelah menjalankan ibadah shalat Jumat.

Baca tentang
    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X