Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pariwisata Banda Aceh Andalkan Situs Tsunami

Kompas.com - 27/03/2013, 08:16 WIB

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Banda Aceh tetap mengandalkan situs-situs tsunami selain obyek wisata sejarah untuk menarik kunjungan wisatawan ke daerah itu pada 2013.

"Tidak mengenyampingkan obyek lain, situs tsunami masih  andalan menarik kunjungan wisatawan dalam maupun luar negeri ke daerah ini," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh, Reza Pahlevi di Banda Aceh, Selasa (26/3/2013).

Banda Aceh merupakan salah satu daerah tujuan wisata sejarah, spritual, peninggalan bencana tsunami dan pendidikan di provinsi ujung paling barat Indonesia tersebut.

Reza menjelaskan, cukup banyak daya tarik wisatawan disaksikan di Kota Banda Aceh, seperti kapal PLTD Apung, perahu di atas rumah yang merupakan situs tsunami yang menguncang Aceh pada 26 Desember 2004.

Selain itu juga Museum Tsunami yang didalamnya menyimpan cerita dan gambar tentang peristiwa bencana alam dahsyat yang mengakibatkan korban meninggal dan hilang lebih 200 ribu orang di provinsi berpenduduk 4,7 juta jiwa tersebut.

Di pihak lain, Reza menjelaskan bahwa Pemkot Banda Aceh memberi dukungan besar dalam mewujudkan program "Aceh Year 2013" yang telah dicanangkan Pemerintah Aceh.

"Kami mendukung program itu. Apalagi, Kota Banda Aceh adalah pintu gerbangnya orang masuk ke Aceh, terutama wisatawan mancanegara," katanya.

Khusus untuk menggaet kunjungan wisatawan ke Kota Banda Aceh, Reza menjelaskan Pemkot sudah memprogramkan pengembangan wisata air dimasa mendatang dan lokasinya di Krueng (sungai) Aceh.

"Artinya, setiap orang yang akan berlibur ke Kota Banda Aceh itu akan banyak pilihan, tidak hanya obyek wisata yang sudah ada tapi kami mengombinasikan dengan obyek wisata baru seperti pengembangan wisata air Krueng Aceh," ujarnya.

Krueng Aceh merupakan salah satu sungai terbesar yang membelah Kota Banda Aceh dan ke depan diyakini akan berkembang serta menarik untuk dikunjungi wisatawan.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com