Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Status Dieng Dinaikkan dari Waspada ke Siaga

Kompas.com - 28/03/2013, 00:10 WIB
Ahmad Arif

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Gunung Dieng di Jawa Tengah akhirnya dinaikkan statusnya dari Waspada ke Siaga. Dengan kenaikan status ini, zona bahaya diperluas, yang semula 500 meter dari Kawah Timbang menjadi satu kilometer.

"Pada pukul 18.00-22.31 WIB terjadi peningkatan kegempaan yang sangat mencolok di Dieng, yaitu mencapai 48 kali gempa vulkanik. Padahal sebelumnya, dari pukul 12.00-18.00 hanya terjadi tiga kali gempa vulkanik dan satu kali gempa embusan," kata Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono, Rabu (27/3/2013), sekitar pukul 11.30.

"Dengan adanya krisis kegempaan ini, maka kami akan naikkan status Gunung Dieng dari Waspada ke Siaga."

Dalam kondisi Siaga Dieng, tambah Surono, direkomendasikan agar tidak ada aktivitas masyarakat dalam radius satu kilometer dari Kawah Timbang. Sebelumnya, dalam status Waspada, zona bahaya Dieng hanya 500 meter dari kawah.

Dieng merupakan kaldera gunung api yang aktif dan berbahaya. Pada tahun 1979, sebanyak 149 orang tewas akibat terpapar CO2 konsentrasi tinggi dan H2S seiring terjadinya letusan freatik dari Kawah Sinila.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com