Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawah Timbang Keluarkan Asap 50 Meter

Kompas.com - 29/03/2013, 12:51 WIB

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Kawah Timbang di Desa Sumberejo, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, terpantau mengeluarkan asap dengan ketinggian sekitar 50 meter, Jumat (29/3/2013) pagi.

"Berdasarkan pengamatan visual yang dilakukan petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Dieng, asap tersebut terlihat condong ke utara," kata petugas Posko Pemantauan Kawah Timbang Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Andri Sulistyo, di Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Selain itu, kata dia, cuaca di Kawah Timbang terpantau cerah dan pada jarak 1.000 meter ke arah selatan tidak terdeteksi adanya gas beracun.  Kendati demikian, dia mengatakan bau belerang kadang tercium lemah hingga sedang.

Sementara berdasarkan pantauan kegempaan, kata dia, pada pukul 00.00--06.00 WIB terekam adanya satu kali gempa vulkanik dalam dan enam kali gempa vulkanik dangkal.

"Namun masyarakat sekitar Kawah Timbang tetap tenang. Mereka masih tinggal di rumah masing-masing, belum dievakuasi ke tempat-tempat yang telah kami siapkan," katanya.

Terkait status Kawah Timbang yang telah dinaikkan dari Waspada menjadi Siaga, dia mengharapkan masyarakat tetap mematuhi rekomendasi untuk tidak beraktivitas di zona bahaya gas beracun atau dalam radius 1 kilometer dari Kawah Timbang.

"Hari ini, personel TNI dan para sukarelawan mendirikan tenda di Balai Desa Batur dan Sumberejo," katanya.

Seperti diwartakan, Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) pada Rabu (27/3), pukul 23.30 WIB, menaikkan status Kawah Timbang dari waspada menjadi siaga. PVMBG merekomendasikan agar masyarakat tidak beraktivitas dalam radius 1 kilometer dari Kawah Timbang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com