Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nasi Goreng dan Sate Kambing Ala Kampuyuh

Kompas.com - 01/04/2013, 08:17 WIB

KOMPAS.com - Aksi berburu kuliner saya kali ini mau mencoba rumah makan yang belum lama buka dan menyajikan menu olahan dari daging kambing. Lokasinya di Jalan Lapangan Bola, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Rumah Makan Kampuyuh namanya. Ini cabang dari Bekasi.

Pilihan menunya memang tidak terlalu banyak, seperti nasi goreng kambing, mi/bihun goreng kambing, gulai kambing, roti prata dan kuah gulai. Saya memilih rekomendasi di rumah makan ini saja yaitu nasi goreng kambing, sate kambing dan minumnya es cincau kedelai.

Tipe nasi goreng kambing di Kampuyuh ini adalah tipe melayu, dengan bumbu rempah-rempah berwana kuning dan aromanya juga cukup kuat. Potongan daging kambingnya juga cukup banyak dan daging kambingnya tidak alot. Ini yang membuat saya suka dengan menu ini, karena biasa di menu nasi goreng kambing, daging kambingnya alot.

Untuk sate kambingnya dibakar dengan kecap dan bumbu racikan, jadi dagingnya terlihat hitam. Ini beda dengan tipe sate kambing tegal yang biasa dibakar tanpa kecap sehingga dagingnya tidak hitam.

Untuk menu ini saya suka banget, daging sate kambingnya empuk banget, sedikit manis dan enak. Untuk sambelnya disediakan sambel ijo, unik dan jarang saya temukan di tempat lain. Tapi saya makan tanpa sambel ijonya.

Menu minumnya juga cukup unik dan segar, es cingcau kedelai. Air kedelai dicampur dengan cingcau hitam yang dipotong halus dan ditambah dengan es. Boleh nih rumah makan Kampuyuh menjadi salah satu rekomendasi rumah makan yang menyajikan menu olahan daging kambing. Harganya pun terjangkau, di mana nasi goreng kambing Rp 23.000, sate kambing (5 tusuk) Rp 18.500 dan es cincau kedelai Rp 12.000. (Frans)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com