Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Legu Gam Gairahkan Kunjungan Wisatawan ke Malut

Kompas.com - 01/04/2013, 09:40 WIB

TERNATE, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Esthy Reko Astuty mengatakan Festival Legu Gam ke-12 diharapkan akan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Provinsi Maluku Utara (Malut).

"Kami yakin Festival Legu Gam yang digelar oleh Kesultanan Ternate akan meningkatkan kunjungan wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara ke Malut," kata Esthy saat membuka Festival Legu Gam di Ternate, Minggu (31/3/2013).

Esthy mengatakan, Festival Legu Gam yang digelar setiap tahun dalam rangka memperingati ulang tahun Sultan Ternate Mudaffar Syah yang akan menggairahkan kunjungan wisatawan ke Malut, karena festival ini akan merangsang para wisatawan domestik maupun mancanegara datang ke Malut.

Selain itu, menurut Esthy, saat ini Kemenparekraf gencar mempromosikan berbagai pariwisata dan budaya daerah, sehingga target wisatawan mancanegara untuk datang ke Indonesia mencapai 9 juta orang, sedangkan wisatawan domestik diproyeksikan pada tahun 2013 mencapai 250 juta orang.

Festival Legu Gam yang diselenggarakan di Kota Ternate yang telah masuk dalam kalender kegiatan pariwisata nasional sangat mendukung promosi pariwisata Malut, sehingga festival ini juga sangat mendukung usaha pelestarian dan pengembangan budaya di Malut.

Oleh karena itu, Esthy menyatakan penghargaan kepada Kesultanan Ternate yang selama ini rutin menggelar Festival Legu Gam setiap tahun dan dari tahun ke tahun terus menunjukkan kemeriahan. Kemenparekraf mengharapkan agar penyelenggaraan Festival Legu Gam pada tahun-tahun mendatang lebih meriah lagi dan Pemprov Malut akan selalu berupaya mendukung festival itu.

Esthy mengharapkan kepada kabupaten/kota lainnya di Malut untuk menggelar festival serupa sehingga semakin banyak kegiatan festival maka akan semakin mengoptimalkan promosi wisata di daerah ini.

Sementara itu, Ketua Umum Panitia Festival Legu Gam, Arifin Djafar melaporkan, festival yang digelar dalam rangka memeriahkan ulang tahun Sultan Ternate Mudaffar Syah itu akan berlangsung dari tanggal 31 Maret sampai 13 April 2013, dan akan diisi dengan berbagai pertunjukan budaya dan kesenian tradisional.

"Festival Legu Gam kali ini akan menampilkan nasijaha sepanjang 10 kilometer dan mensosialisasikan pengusulan Sultan Muhammad Djabir Syah sebagai pahlawan nasional melalui seminar nasional yang akan digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Sultan Ternate Mudaffar Syah tersebut," ujarnya.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com