Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sail Komodo Siap Digelar

Kompas.com - 01/04/2013, 12:32 WIB
Brigita Maria Lukita

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Sail Komodo siap diluncurkan pada tanggal 8 April 2013. Puncak Sail Komodo dijadwalkan berlangsung tanggal 14 September 2013 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Hal itu disampaikan Sekretaris Dewan Kelautan Indonesia Dedy Sutisna, dalam soft launching Sail Komodo 2013, di Jakarta, Senin (1/4/2013).

Menteri Kelautan dan Perikanan Sharif Cicip Sutardjo, mengemukakan, Sail Komodo akan mengangkat isu pengembangan konservasi kawasan perairan. Indonesia menargetkan luas konservasi perairan mencapai 31 juta hektar atau 10 persen dari luas total perairan Indonesia sebesar 310 juta ha pada tahun 2030.

Kawasan konservasi perikanan, lanjut Sharif, dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, seperti penelitian, pelatihan, pendidikan lingkungan, bisnis pariwisata, pemberdayaan ekonomi masyarakat, dan jasa lingkungan. Akan tetapi, diperlukan infrastruktur yang memadai.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Nusa Tenggara Timur, Wayan Darmawa, mengemukakan, pihaknya melakukan sejumlah persiapan, di antaranya mendorong energi yang bersumber dari setiap desa di NTT.

Alokasi dana diberikan untuk 100 desa, tiap desa sebesar Rp 50 juta. Ia mengakui, NTT dengan panjang garis pantai 5.700 kilometer hingga saat ini belum mendorong potensi ekonomi kelautan. Laut belum menjadi daya tarik ekonomi wisata NTT. Pihaknya berharap, Sail Komodo akan mendorong pengembangan ekonomi kelautan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com