Kompas.com - 02/04/2013, 08:41 WIB
|
EditorI Made Asdhiana

KOMPAS.com - Ah, roti cane dan kari kambing ibarat pasangan sejati yang saling melengkapi dengan sempurna. Kuliner yang satu ini terkadang identik dengan perayaan, dihidangkan saat acara-acara tertentu.

Roti cane sendiri merupakan kuliner asal India. Namun, keahlian orang India yang mengarungi dunia, membawa pengaruh kuliner pada belahan bumi lain. Ya, roti cane berkembang di nusantara terutama di daratan Pulau Sumatera, kawasan Malaysia, bahkan China.

Di Indonesia, roti cane dan kari kambing sering kali disebut-sebut sebagai makanan khas Aceh. Bumbu berempah begitu melekat dengan aneka kuliner Aceh.

Kesempatan untuk menikmati roti cane dan kari kambing di Tanah Rencong yang membesarkan kuliner ini pun tak akan disia-siakan. Saat menginjakkan kaki di Lhokseumawe, saya pun mampir di rumah makan Bangladesh.

Sejak lama, rumah makan ini terkenal menyajikan roti cane dan kari kambing yang konon lezatnya bikin merem-melek. Jika menyebut wisata kuliner di kota Lhokseumawe, pastilah penduduk setempat akan merekomendasikan Bangladesh.

Rumah makan ini tergolong selalu ramai, apalagi di jam makan siang. Selain roti cane dan kari kambing, Bangladesh juga menjual menu lainnya seperti nasi goreng dan mi goreng.

Sebenarnya, menu andalan Bangladesh adalah nasi goreng. Namun, jika mencari roti cane dan kari kambing yang enak, penduduk setempat pasti menyarankan Bangladesh. Roti cane dan kari kambing pun menjadi menu yang dicari-cari. Bagi penduduk Lhokseumawe, menu ini dicari di hari Jumat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami punya kebiasaan makan kambing sehabis shalat Jumat. Hari Jumat biasa ramai, makan kari kambing dan roti cane," ungkap Ridho, warga Lhokseumawe.

Roti cane yang dihidangkan di Bangladesh begitu lembut saat digigit. Ada rasa gurih mentega melekat di lidah dan selintasan rasa manis. Rasa manis ini dari pengunaan gula pasir dalam adonan.

Aroma roti cane yang disuguhkan panas-panas saja sudah begitu menggoda. Seperti roti yang baru keluar dari panggangan. Tanpa kari, roti cane Bangladesh sudah patut diberi acungan jempol. Penuh rasa, tak sekadar aroma tepung.

Halaman:
Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.