Kompas.com - 02/04/2013, 17:56 WIB
EditorI Made Asdhiana

TERNATE, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), dinilai minim mempromosikan potensi obyek wisata Pulau Morotai untuk menarik minat para wisatawan berkunjung ke daerah ini.

"Pemkab Morotai pada 2013 akan menyelenggarakan lomba selancar internasional yang akan bertempat di Desa Sopi, Kecamatan Morotai Jaya, tetapi pemkab minim dalam mempromosikan mengenai potensi pariwisata di daerah tersebut," kata salah seorang pemerhati lingkungan dan pariwisata Malut, Muhammad Anwar di Ternate, Selasa (2/4/2013).

Ia mengatakan, di Kecamatan Morotai Jaya, misalnya, memiliki tempat ombak yang dianggap paling bagus sehingga dari sejumlah turis sudah banyak yang berdatangan untuk selancar di Sopi, Kecamatan Morotai Jaya.

Sebelumnya, ikon wisata bahari adalah Pulau Dodola di Kecamatan Morotai Selatan. Namun, ke depan Sopi juga akan dijadikan salah satu ikon wisata yang terkenal dengan ombaknya.

Menurut Anwar, dengan adanya agenda yang sudah ditargetkan oleh Pemda untuk mengadakan lomba selancar internasional diharapkan masyarakat mulai sekarang bisa menjaga lingkungan pantai di daerah Sopi. Pasalnya, lingkungan pantai di Sopi yang nantinya akan dijadikan lokasi selancar masih terlihat kotor dan belum memiliki kesadaran lingkungan terutama soal kebersihan.

Selain itu, lingkungan pantai akan terasa indah apabila pantai terlihat bersih dan hal itu perlu adanya kesadaran dari masyarakat agar selalu bisa menjaga lingkungan di sepanjang pantai.

"Jangan sampai masyarakat tidak menjaga lingkungan pantai, sebab nantinya banyak sekali para wisatawan yang akan datang ke Sopi dan para turis paling tidak suka kalau lingkungan pantai kotor," katanya.

Anwar mengakui, selain di Sopi masih banyak obyek wisata andalan yang ada di Kabupaten Pulau Morotai yang belum dikenal oleh publik.

"Seharusnya Dinas Pariwisata secepatnya bisa mengenalkan ke publik tentang obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Pulau Morotai, sehingga nantinya daerah ini cepat maju karena mempunyai daya tarik wisata yang tidak kalah dengan daerah-daerah lain," tambah Anwar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.