Kompas.com - 02/04/2013, 18:44 WIB
Penulis Kris R Mada
|
EditorNasru Alam Aziz

BATAM, KOMPAS.com -- Lion Air dan Badan Pengusahaanm (BP) Batam menandatangani kesepakatan penyediaan lahan di kompleks Bandara Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau, Selasa (2/4/2013). Di lahan itu, Lion akan membangun fasilitas perawatan dan perbaikan pesawat dengan investasi awal 300 juta dollar AS.

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho mengatakan, BP Batam menyediakan lahan untuk fasilitas itu. Awalnya, Lion mendapatkan empat hektar, kemudian mendapat tambahan 12 hektar lagi.

Fasilitas itu bisa menampung hingga 40 pesawat aneka ukuran. Perawatan dan perbaikan mesin, avionik, dan badan pesawat bisa dilakukan di fasilitas itu.

Djoko menyatakan tidak berwenang menjawab apakah Lion akan menggandeng Airbus atau tidak untuk pengoperasian fasilitas itu. BP Batam, kata dia, berwenang soal pengalokasian lahan dan perizinan.

Sebelumnya, Lion Air mengumumkan akan menggandeng Airbus untuk pengoperasian fasilitas perawatan pesawat di Batam. Dukungan Airbus merupakan salah satu manfaat yang didapat Lion sebagai pemesan terbanyak produk Airbus sepanjang sejarah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.