Kompas.com - 08/04/2013, 15:01 WIB
|
Editorkadek

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini orang berwisata tak hanya sekedar melihat-lihat pemandangan. Tetapi aktivitas wisata ekstrim seperti menyelam, naik gunung, dan susur gua, justru makin digandrungi.

Hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang datang ke pameran wisata Deep & Extreme 2013 di Jakarta Convention Centre (JCC), Jakarta, yang berlangsung pada 4 sampai 7 April 2013 lalu. Menurut President Director PT Exhibition Network Indonesia, Dharmawan Sutanto, animo pengunjung tahun ini pun tergolong ramai.

"Kalau dilihat dari perkembangan kemarin (Sabtu) sudah ada sekitar 15.000 pengunjung," papar Dharmawan saat ditemui KOMPAS.com, di JCC, Minggu (7/4/2013).

Pihaknya sendiri menargetkan jumlah pengunjung tahun ini bisa mencapai 18.000 pengunjung. Dharmawan yakin tahun depan dapat menyedot lebih banyak pengunjung, karena peminat wisata ekstrim tersebut diprediksi akan semakin banyak pula.

"Ke depannya pasti akan kita tingkatkan lagi yang lebih. Baik target peserta pameran, pengunjungnya, dan saya yakin akan lebih banyak. Saya lihat para peserta (pameran) yang saya tanyain mereka sangat puas dengan jumlah pengunjung yang datang," kata Dharmawan.

Menurutnya, rata-rata pengunjung yang datang ke pameran tujuan utama mereka membeli perlengkapan wisata. Selain itu, pengunjung yang datang juga bertujuan untuk mencari informasi tentang wisata bahari dan ekstrem. Sementara pengunjung lainnya datang untuk acara bincang-bincang tentang wisata yang memang selalu digelar di area pameran.

"Pengunjung yang dateng itu pertama mereka ingin membeli peralatan, produk yang dipamerkan. Lalu mencari informasi-informasi wisata, lain-lainnya mengikuti talkshow juga," ungkap Dharmawan.

Menurutnya, hal menarik yang terlihat adalah banyak penggemar baru wisata ekstrim. Mereka adalah para pemula atau baru mulai menggemari wisata ekstrem.

"Pasti tiap tahun kita lihat muka-muka baru lagi. Orang-orang yang sudah membeli perlengkapan kan biasanya muka-muka lama, tapi ini orang-orang baru yang membeli perlengkapan juga banyak," kata Dharmawan.

Ikuti twitter Kompas Travel di @KompasTravel

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.